News

Alex Noerdin Ditahan, Pengacara: Dia Anggota DPR Tidak Mungkin Lari

Alex Noerdin Ditahan, Pengacara: Dia Anggota DPR Tidak Mungkin Lari

Pengacara Alex Noerdin, Soesilo Aribowo, merasa kecewa lantaran kliennya diperiksa penyidik dan langsung ditetapkan menjadi tersangka sekaligus ditahan. Padahal, menurutnya Alex tak mungkin kabur karena statusnya sebagai anggota DPR RI Fraksi Golkar.

“Pasti saya keberatan sebab tak layak penahanan ini menurut saya. Satu, yang bersangkutan merupakan anggota Dewan, yang tak mungkin bakal mengulangi perbuatannya, meleyapkan barang bukti dan kabur,” ujar Soesilo, kepada detikcom seperti dikutip dari laman detikcom, Kamis (16/9/2021).

Dilaporkan, hari ini Alex Noerdin datang ke Kejagung untuk pemeriksaan sebagai saksi. Tetapi Soesilo mengaku kecewa sebab usai diperiksa, Alex langsung dijadikan tersangka dan ditahan.

“Ini tadi diperiksa saksi, langsung dijadikan tersangka dan ditahan dalam beberapa jam, tak paham saya metode yang digunakan,” tuturnya.

Lihat Juga: Kejagung Tetapkan Alex Noerdin Sebagai Tersangka Korupsi

Soesilo mengatakan masih mencari langkah hukum atau mengajukan praperadilan ataukah tidak. Lebih lanjut, dia mengatakan, peristiwa ini menarik perhatian sebab, apabila seorang saksi diperiksa, langsung dijadikan tersangka dan ditahan.

“Ini jadi peringatan bagi siapa pun ‘jika seseorang diperiksa saksi di Kejagung, bisa langsung tersangka, ditahan, dan tidak pulang’,” katanya.

Sebelumnya, Alex Noerdin dijadikan tersangka oleh penyidik Kejaksaan Agung. Alex juga langsung menjalani penahanan di Rutan Cipinang cabang KPK. Mantan Gubernur Sumsel itu dijadikan tersangka terkait kasus dugaan korupsi pembelian gas bumi tahun 2010-2019 oleh BUMD PDPDE (Perusahaan Daerah Pertambangan dan Energi) Sumsel.

“Tim penyidik menaikkan status tersangka AN dan MM dengan dirilisnya sprindik Jampidsus tanggal 16 September 2021 dengan tersangka MM. Untuk tersangka AN, dengan Sprindik Direktur Penyidikan Jampidsus No Sprin 32/F.2/FB.2/09/2021 16 September 2021. Berikutnya, dengan penyidikan itu, dikeluarkan penetapan tersangka atas MM dan AN,” ujar Leonard Eben Ezer Simanjuntak, Kapuspenkum Kejagung dalam jumpa pers di kantornya, Jalan Sultan Hasanuddin, Jakarta Selatan, Kamis (16/9/2021).

Alex Noerdin ditahan 20 hari ke depan, sementara tersangka Maddai Madang alias MM, ditahan di rutan Salemba cabang Kejagung. Dalam perkara ini, Alex berperan meneken kerja sama pembelian gas bumi untuk membentuk PT PDPDE.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top