News

Amien Rais : Ide Jokowi Akan Buat Indonesia Jadi Jongos Cina

Ide Jokowi Akan Buat Indonesia Jadi Jongos Cina

Amien Rais selaku Mantan Ketua MPR, mengkritisi ide Presiden Joko Widodo yang akan mengawinkan Tol Laut dengan Jalan Sutera Laut Cina.

“Pak Jokowi ingin mengawinkan tol lautnya dengan jalur sutranya Cina, ini tidak berimbang dan justru merugikan Indonesia,” ujar Amien saat ditemui di depan Ruang KK1, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (2/11).

Menurutnya, kata kawin digunakan untuk hal yang bersifat sejajar. Namun demikian pada kenyataannya saat ini Cina jauh lebih kuat dari Indonesia. Fakta ini yang membuat Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) yakin jika ide Jokowi terlaksana maka Indonesia makin menggantungkan hidupnya kepada Cina.

“Indonesia berpotensi menjadi budak Cina. Kita bergantung, artinya kalau kita jadi kawinkan, kita itu jadi kacung ataupun jongos Cina. Kalau kawin dua partner sejajar ya menguntungkan, tapi kalau satu kuat satu lemah itu si kacung dengan si tuan,” tukasnya.

Keyakinan Amien ini bukan tanpa alasan. Menurut dia, Amerika Serikat saja bisa dengan mudahnya mencaplok Irak dan negara Timur Tengah lainnya.

“Jadi bukan sesuatu hal yang mustahil jika Cina mencaplok Indonesia nantinya,” pungkas Amien.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top