News

Andi: Saya Yakin Kemenkum HAM Sahkan Hasil KLB Demokrat Abal-abal

Andi: Saya Yakin Kemenkum HAM Sahkan Hasil KLB Demokrat Abal-abal

Penggagas kongres luar biasa (KLB) Demokrat, Hecky Luntungan mengatakan hasil KLB Demokrat yang digelar di Deli Serdang, Sumatera Utara akan didaftarkan ke Kemenkum HAM besok. Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat Andi Mallrangeng berharap Kemenkum HAM tidak mengesahkan hasil KLB tersebut.

Kendati begitu, Andi meyakini Kemenkum HAM akan mengesahkan hasil KLB Demokrat, yang mana menetapkan Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko sebagai Ketua Umum.

“Saya yakin walaupun mereka abal-abal akan disahkan oleh Kementerian Hukum dan HAM. Nah, karena itu kami berharap Menkum HAM dan jajarannya itu tetap terjaga integritasnya. Bisa jernih melihatnya,” ucap Andi, Minggu (7/3/2021).

Andi menuturkan KLB yang digelar di Deli Serdang itu tidak sah lantaran tidak merujuk pada aturan AD/ART Partai Demokrat yang terdaftar di Kemenkum HAM. Dia juga menyoroti sejumlah ketentuan yang tidak terpenuhi pada gelaran KLB tersebut.

“Ini kan gampang kalau verifikasi. Tinggal dilihat siapa yang hadir di sana. Ada 34 ketua DPD, ada nggak ketua DPD dari 34 provinsi yang hadir? Berapa yang hadir? Dari 514 DPC, berapa yang hadir ketua DPC-nya? Terus kemudian ada nggak persetujuan ketua majelis tinggi? Karena AD/ART yang berlaku sekarang ini yang terdaftar di Kemenkum HAM dan juga tercatat dalam lembaran negara, yaitu AD/ART 2020,” terang Andi.

Andi: KLB Harus Merujuk AD/ART Partai

Andi menegaskan KLB yang sah harus merujuk pada aturan AD/ART Partai Demokrat yang terdaftar di Kemenkum HAM.

“Karena itu, kalau mau bikin KLB rujukannya pada AD/ART yang tercatat di Kum HAM sekarang ini. Begitu juga proses verifikasi oleh Kum HAM sesuai dengan AD/ART yang tercatat itu. Kan begitu mestinya,” sambung dia.

Menurut dia, secara hukum, semestinya hasil KLB Demokrat itu ditolak oleh Kemenkum HAM. Namun, mantan Menpora itu mengatakan akan ‘muncul’ hasil yang berbeda jika memandang kegiatan di Sumatera Utara itu dengan sudut pandang politik.

“Nah, kalau itu dilakukan dengan jernih kami percaya bahwa itu KLB abal-abl itu akan ditolak. Tapi kan itu secara hukum. Secara politik kita tidak tahu. Ini yang kita tidak tahu secara politik,” ungkapnya.

Hasil KLB Demokrat Siap Dibawa ke Kemenkum HAM

Penggagas KLB Demokrat Hencky Luntungan mengatakan pihaknya akan membawa hasil KLB yang diselenggarakan beberapa waktu lalu itu ke Kemenkum HAM, besok. Hal ini dia sampaikan saat merespons pernyataan Menko Polhukam Mahfud MD yang menyebut Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) adalah Ketua Umum Partai Demokrat yang sah saat ini.

“Itu wajar dalam sebuah penyampaian seorang petinggi (Mahfud MD). Kan kita belum masuk (hasil KLB belum didaftarkan ke Kemenkum HAM). Baru mau masuk kan besok, hasil KLB,” kata Hencky, Minggu (7/3/2021).

Hencky mengakui Ketua Umum Partai Demokrat saat ini adalah AHY. Namun, dia meyakini bahwa semuanya akan berubah setelah hasil KLB yang digagasnya sudah dibawa ke Kemenkum HAM.

“Sampai detik ini pun masih tercatat AHY (sebagai Ketua Umum Partai Demokrat). Ya, kan. Sampai saat ini pun, sampai detik ini pun (AHY) masih (Ketua Umum). Tapi, kalau sudah besok (hasil KLB Demokrat) masuk, maka dia akan memverifikasi. Verifikasi itu bukan satu menit, dua menit. Tentunya ada waktu,” ucap dia.

Hencky menekankan untuk sementara, pihaknya memang mengakui posisi AHY sebagai pimpinan tertinggi di Partai Demokrat.

“Dan tetap kita akan mengakui sementara sambil diverifikasi, atau pun menyatakan sesuai AD/ART bahwa itu sah atau tidak. Itu kan belum ada keputusan,” sambungnya.

To Top