News

Andi Widjajanto Dilantik Jokowi Jadi Gubernur Lemhannas Hari Ini

Andi Widjajanto Dilantik Jokowi Jadi Gubernur Lemhannas Hari Ini

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik Andi Widjajanto sebagai Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) pada hari ini. Andi menggantikan posisi Agus Widjojo yang dipilih menjadi Duta Besar Republik Indonesia untuk Filipina.

Informasi terkait pelantikan Gubernur Lemhannas sendiri baru disampaikan oleh Plt Gubernur Lemhannas Marsdya Wieko Syofyan pada Minggu (20/2/2022).

"Iya besok (hari ini) memang ada rencana pelantikan gubernur, namun saya belum tahu info pastinya. Mungkin benar tapi saya belum dapat berita pastinya," ucap Wieko mengonfirmasi.

Kabar Andi Widjajanto ditunjuk menjadi Gubernur Lemhannas juga dikonfimasi oleh sumber di lingkungan pemerintahan. Selain Gubernur Lemhannas, Presiden Jokowi juga dijadwalkan akan melantik pimpinan lembaga lainnya.

Seperti diketahui, jabatan Gubernur Lemhannas dipegang oleh Plt setelah Agus Widjojo dilantik menjadi duta besar. Agus menuturkan dirinya sudah mendapat surat pemberhentian dari Gubernur Lemhannas pada Selasa (11/1/2022).

Profil Andi Widjajanto yang Dilantik Jadi Gubernur Lemhannas

Andi adalah alumnus FISIP Universitas Indonesia (UI). Ia dikenal sebagai seorang pengamat pertahanan. Dia pernah menempuh pendidikan master di Industrial College of Armed Forces, Washington DC, Amerika Serikat. Ia juga beberapa kali diajak untuk jadi anggota Task Force Pusat Studi Pemerintah Daerah (LOGOS) dan Tas Force for Defense White Paper SESKO TNI AD.

Pada Pemiliu 2014 lalu, Andi Widjajanto menjadi salah satu anggota tim sukses Jokowi. Tim tersebut ditunjuk sendiri oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan disejutui Joko Widodo.

Putra politikus senior PDIP Theo Syafei ini menempati posisi mentereng, yaitu Deputi Kepala Staf Kantor Transisi yang menangani soal isu pertahanan, keamanan serta struktur kabinet Jokowi-JK.

Lihat Juga: HUT Ke-49 PDIP, Megawati Sapa Ahok ‘Sahabat Saya’

Pada Oktober 2014 lalu, Presiden Jokowi menunjuk Andi Widjajanto untuk mengisi kursi jabatan Sekretaris Kabinet. Posisi tersebut hanya ia duduki selama satu tahun.

Pada 2020, Andi dipercaya menjadi penasihat senior Kantor Staf Presiden (KSP). Ia diangkat menjadi penasihat senior sejak 4 Februari 2020 dan jabatan tersebut diembannya sampai sekarang ini.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top