News

Anies Baswedan Diminta Mundur Bila Tak Mampu Atasi Covid-19, Ini Kata PKS

Anies Baswedan Diminta Mundur Bila Tak Mampu Atasi Covid-19, Ini Kata PKS

Ketua DPC Partai Gerindra Jakarta Timur Ali Lubis meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mundur dari jabatannya jika tidak mampu mengatasi Covid-19. Ali mulanya menyoroti ‘aksi spektakuler’ Anies dalam menangani Covid-19 mendadak lenyap belakangan ini.

“Aksi spektakuler Anies yang selama ini dipertontonkan untuk melawan Covid-19 di DKI Jakarta mendadak hilang, lenyap dalam pemberitaan media nasional. Aksi spektakuler tersebut terlihat dari beberapa pergub yang dikeluarkan, bahkan bersama DPRD mengeluarkan perda terkait penanganan penyebaran Covid-19 di Jakarta,” ujar Ali, Senin (25/1/2021).

Menurut Ali, segala upaya yang dilakukan Anies melawan Covid-19 selama ini belum membuahkan hasil. Dia lantas menyoroti sikap mantan Mekdikbud itu yang justru meminta pemerintah pusat mengambil alih koordinasi penganganan Covid-19 di DKI Jakarta.

“Namun apa daya, banyaknya peraturan dan ancaman sanksi yang dirumuskan tidak mampu meredam sang virus. Bahkan rem darurat pun dilakukan, tapi tetap tak maksimal hasilnya. Pada akhirnya tersiar kabar Anies meminta pemerintah pusat mengambil alih koordinasi penanganan Covid-19 di Jakarta,” tambahnya.

Politikus Gerindra itu mempertanyakan maksud dari sikap Anies yang justru meminta pemerintah pusat ‘turun tangan’ dalam koordinasi penanganan Covid-19 di DKI Jakarta. Jika hal itu merupakan sikap menyerah, ia menyarankan Anies mundur sebagai Gubernur DKI Jakarta.

“Terkait Anies meminta pemerintah pusat mengambil alih koordinasi penanganan Covid-19 di Jakarta menimbulkan pertanyaan besar, apakah Anies nyerah lawan Covid-19? Jika seperti itu, sebaiknya mundur saja dari jabatan gubernur,” tegasnya.

PKS Angkat Suara

Sekretaris Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Achmad Yani menyatakan tidak sepakat dengan pernyataan Ali Lubis yang menyarankan Anies Baswedan mundur sebagai Gubernur DKI Jakarta. Yani mengatakan sebagai partai pengusung, semestinya kader Gerindra mendukung Anies hingga jabatannya tuntas.

“Berpolitik itu harus ada etika. Nah, pada saat gubernur yang kita usung, kita menangkan, ya harus kita dukung sampai selesai tugasnya. Bahkan bagaimana kita bisa membantu pak Anies untuk terus menyukseskan program-program kegiatannya,” tegas Yani, Senin (25/1/2021).

Yani menyebut Anies sejauh ini telah berkontribusi bagus dalam membangun DKI Jakarta. Dia meminta Ali Lubis yang menjadi kader partai pendukung Anies memberi kesempatan kepadanya untuk menuntaskan jabatannya hingga tahun 2022 mendatang.

“Kita beri kesempatan pak Anies untuk menyelesaikan tugasnya sampai berakhir 2022. Karena kami lihat apa yang dilakukan pak Anies sudah cukup baik untuk membangun Jakarta. Kita harus konsisten terhaap perjuangan yang kita lakukan,” sambungnya.

Ketua Mahkamah Gerindra Tegur Ali Lubis

Ketua Mahkamah Partai Gerindra Habiburokhman mengaku telah menegus Ali Lubis lantaran menyarankan Anies Baswedan mundur sebagai Gubernur DKI Jakarta jika menyerah dalam menangani Covid-19. Habiburokhman menilai kritik yang disampaikan rekannya tersebut terlalu keras.

“Secara bahasa, kritik pak Ali terlalu keras. Sebagai Ketua Mahkamah Partai, saya sudah tegus dan ingatkan,” kata Habiburokhman, Senin (25/1/2021).

Habiburokhman menyebut kritik yang disampaikan Ali Lubis adalah luapan kegundahannya terkait penanganan Covid-19 di DKI Jakarta, khususnya di Jakarta Timur. Menurutnya, sekeras apapun kritikan, sebaiknya tetap didengarkan.

“Dia (Ali Lubis) gundah karena tiap hari keliling Jakarta Timur lihat soal Covid-19 penyebaran sangat mengkhawatirkan. Namun secara substansi kritikan dia tetap harus didengar,” tegasnya.

Menurutnya, Anies adalah sosok yang senang menerima kritikan dari berbagai pihak. Kritikan, lanjutnya, merupakan ‘obat’ untuk memacu diri agar bekerja lebih baik dari sebelumnya.

“Kritik memang nggak enak di telinga. Tapi itu obat agar yang dikritik bisa bekerja lebih baik. Pak Anies, saya paham beliau seorang demokratis yang senang mendengarkan kritikan,” sambungnya.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top