News

Anies Baswedan  Nyatakan Siap Nyapres di Pilpres 2024

Anies Baswedan Siap Nyapres

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tidak berbicara banyak terkait kesiapannya menjadi calon presiden (capres) di Pilpres 2024 mendatang. Sebelumnya, ia telah menyatakan kesiapannya menjadi capres saat diwawancarai Reuters di Singapura. Tetepi Anies kini enggan mengiyakan sebelum masa jabatannya sebagai Gubernur selesai.

“Oh, ini baru 16 September nih, kan baru (lengser) 16 Oktober. Nanti lah, 16 Oktober aja,” ucap Anies singkat, Jumat (16/9/2022).

Hanya itu yang disampaikannya. Ia menolak memberikan jawaban lebih panjang mengenai kesiapannya sebagai capres di 2024.

Anies Baswedan memang tidak pernah menyatakan kesiapannya menjadi capres secara gamblang. Tapi saat ditanya Reuters di Singapura, ia baru angkat suara mengenai hal tersebut.

“Cukup itu saja,” ujarnya.

Lihat Juga: Soal Wacana Jokowi Cawapres di 2024 yang Tuai Pro Kontra

Menurut laporan Reuters, Anies menyatakan siap maju sebagai capres di 2024. Ia juga mengaku memiliki kesempatan untuk menjalin komunikasi dengan banyak partai politik (parpol). Sebab, ia bukanlah kader salah satu parpol, sehingga lebih leluasa untuk berkomunikasi dengan banyak pihak.

“Saya siap mencalonkan diri sebagai presiden jika ada partai mencalonkan saya,” kata Anies Baswedan, seperti mengutip Reuters Singapura, Jumat (16/9/2022).

Relawan yang selama ini mendukung Anies Baswedan menjadi capres pun menyambutnya dengan antusias. Ketua Umum Konfederasi Nasional Relawan Anies (KOReAN) Muhammad Ramli Rahim menyebut selama ini Anies belum pernah menyatakan pada publik mengenai niat dan kesiapannya menjadi capres di Pilpres 2024.

“Ini adalah kali pertama Anies Baswedan menyatakan kesiapannya kepada publik, selama ini Anies selalu menyatakan bahwa jika belum waktunya adzan maka jangan dulu kumandangkan adzan,” tutur Ramli.

Soal Anies Baswedan Siap Nyapres, Wagub DKI: Saya Lebih Pilih Prabowo

Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menanggapi niat Anies Baswedan maju menjadi capres. Menurutnya keinginan Anies tersebut adalah hak setiap warga negara. Tetapi, sebagai Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta, Riza menekankan dirinya lebih mendukung Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

Lihat Juga: Ramai Bursa Capres 2024: Elektabilitas Prabowo dan Anies Baswedan Menanjak, Ganjar Pranowo Stabil dan Puan Maharani Naik

“Itu hak dari semua warga negara, dipilih dan memilih. Saya punya hak untuk memilih, dan pilihan saya ya, Pak Prabowo,” kata Riza di Balai Kota Jakarta, Jumat (16/9/2022).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top