News

Anies dan AHY, Beredar Suara Masyarakat “Capres dan Cawapres 2024”

Anies dan AHY, Capres dan Cawapres 2024"

Anies dan AHY dua tokoh yang muncul fotonya menjadi pembicaraan di media sosial Twitter, diperkirakan cocok menjadi calon pasangan presiden dan wakil presiden untuk pemilu tahun 2024.

Sebuah pengguna netizen akun Twitter @ Penasar86710159 diposting poster yang menunjukkan Gubernur Jakarta Anies Baswedan berjabat tangan dengan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Yudhoyono Harimurthi dengan calon presiden menulis-wakil, 2024.

Salah satu pengamat politik dari Universitas UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Adi Prayitno bergabung dengan fenomena terkait politik ini.

Dia mengatakan pasca-AHY Anies adalah bentuk keinginan masyarakat, terutama mengingat akun @ Penasar86710159 berkomentar pada jajak pendapat “AHY dan pasangan” versus “Prabowo dan rekannya”.

“Elektabilitas Anies bagus, AHY juga bagus. Sipil-militer, nasionalis-Islam, orang di sana yang menginginkan hal itu. Hanya bagaimana mendukung terhadap politik 2024,” kata Adi Prayitno.

Dalam jajak pendapat, yang berlangsung selama 24 jam di Twitter @Penasar86710159, disebutkan “AHY dan pasangan” memenangkan dukungan dari 67,7 persen. Sementara “Prabowo dan rekannya” mengantongi hanya 5,4 persen dukungan. Adapun opsi “Jangan memilih” meraih tempat kedua dengan 23, dari 2 persen, dan di tempat terakhir “Diragukan” (3,7 persen).

Simulasi jajak pendapat tersebut, Direktur Eksekutif Parameter Politik telah melihat beberapa Anies-AHY bisa menjadi pesaing berat Prabowo dan Puan Maharani dikabarkan menjadi pasangan untuk Pemilu Presiden 2024.

“Ya, jika simulasihlnya terjadinya begitu, ya. Anies AHY biasa sama jika dikembangkan. Pasangan ini muda, keduanya dianggap memiliki manfaat,” katanya.

“Anies saat ini sedang banyak diperbincangkan, AHY kini juga telah memiliki banyak pendukung di luar nama-nama yang sering kita seebutkan, itu-itu saja,” tutupnya.

To Top