News

Apa Itu PSHT yang Sebabkan Bentrokan di Malang

PSHT yang Sebabkan Bentrokan di Malang

Persaudaraan Setia Hati Terate alias PSHT atau yang dikenal dengan nama SH Terate ramai jadi perbincangan warganet hingga masuk dalam pencarian terbanyak di Google Trend pada Selasa (9/8/2022).

Ramainya pembicaraan soal PSHT ini menyusul peristiwa bentrokan yang terjadi antara pengurus pencak silat dengan warga di Sukun, Kota Malang, pada Minggu (7/8/2022) dini hari. Kejadian itu pun kemudian viral di media sosial. Akibat dari bentrokan itu, sedikitnya tiga orang dirawat di rumah sakit.

Bentrokan ini berawal saat sekitar 100 orang anggota PSHT mengikuti konvoi kendaraan bermotor. Ketika rombongan melintasi Jalan Sudanco Supriadi, warga sekitar merasa terganggu hingga akhirnya terjadi gesekan.

Kepolisian setempat langsung mengajak pihak terkait untuk bertemu secara tertutup di Mapolresta Malang Kota, pada Senin (8/8/2022). Pada pertemuan itu, polisi juga meminta keterangan dari pihak PSHT.

Kapolresta Malang Kota Kombes Budi Hermanto meminta agar perguruan silat itu, warga dan kelompok masyarakat lainnya tak terprovokasi oleh kejadian itu. Budi juga meminta agar tidak ada lagi konvoi besar-besaran karena mengganggu ketertiban dan keamanan masyarakat.

Lihat Juga: Viral! Video Haikal Hassan Diusir Warga di Malang Saat Hendak Ceramah

Lalu Apa Itu PSHT?

Menurut situs resminya, PSHT merupakan perguruan silat yang berorientasi pada pengajaran budi luhur serta menggunakan pencak silat sebagai pelajaran di tingkat pertama. Mereka bersifat terbuka dalam penerimaan anggota.

Setiap warga negara bisa mendaftar sebagai anggota tanpa melihat agama, suku, ras, warna kulit, gender, golongan maupun usia. Bahkan, mereka terbuka dalam menerima anggota warga asing. Hal ini sesuai dengan semboyan negara Indonesia yang tercantum dalam lambang Garuda “Bhineka Tunggal Ika” yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

Lihat Juga: 5 Tempat Wisata Hits Di Malang

Perguruan silat ini juga tak berafiliasi dengan partai politik. Dalam persilatan Indonesia, mereka adalah salah satu dari 10 perguruan silat yang ikut membentuk organisai Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI). Organisasi ini didirkan lewat kongres pencak silat di Surakarta pada 28 Mei 1948 lalu. Sejak berdirinya sampai saat ini, PSHT pun selalu hadir dalam setiap kegiatan IPSI.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top