News

Apdesi Surtawijaya Bantah Acara Dukung Jokowi 3 Periode Baru Dapat SKT Pada H-1

Apdesi Surtawijaya Bantah Acara Dukung Jokowi 3 Periode Baru Dapat SKT Pada H-1

Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia atau Apdesi, Surtawijaya, menampik baru mendapat surat keterangan terdaftar (SKT) sehari menjelang acara Silaturahmi Nasional (Silatnas) Kepala Desa di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (29/3/2022).

Di acara tersebut sempat terlontar usulan agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjabat tiga periode. Menurut dia, SKT yang diurus itu sudah diterbitkan oleh Kementerian Dalam Negeri pada 2005 lalu dan baru-baru ini melakukan perpanjangan SKT Apdesi.

"SKT yang saya urus itu hanya perpanjangan dari SKT sebelumnya, karena Apdesi yang saya ketuai itu SKT-nya terbit dari tahun 2005, zaman Pak Warjo ketuanya kemudian berikutnya diketuai oleh Pak Sindawatarang dua periode baru ke saya," jelas Surtawijaya kepada mengutip dari laman CNNIndonesia, Selasa (5/4/2022).

Lihat Juga: Perpanjangan Masa Jabatan Presiden, Jokowi: Setop Wacana, Negara Sedang Hadapi Banyak Masalah

"Jadi bukan pengurusan SKT dari nol," sambungnya.

Surtawijaya menuturkan pihaknya juga akan mengurus surat supaya mendapat pengesahan dari Kementerian Hukum dan HAM.

Namun, ia menyebut Direktur Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Kemendagri menuturkan tak perlu melakukannya. Karena, telah diurus di Direktorat Jenderal Kesatuan Bangsa dan Politik (Ditjen Kesbangpol) Kemendagri.

ia menilai hal itu disampaikan Kemendagri sebab dirinya masih menajbat sebagai kepala desa. Menurut dia, status tersebut adalah salah satu pembeda antara dirinya dan Arifin Abdul Majid yang memiliki SK Menkumham.

Surtawijaya Klaim Apdesi Pimpinannya Diakui Pemerintah

Surtawijaya juga mengatakan, Direktur Ormas Kemendagri menyampaikan bahwa Apdesi pimpian Arifin dan pimpinannya sama-sama diakui secara sah oleh pemerintah dengan nama yang berbeda.

Menurutnya, Apdesi pimpinannya menggunakan satu huruf ‘s’, sementara pimpinan Arifin memakai dua huruf ‘s’.

"Keduanya sah karena lain ketuanya, lain kantornya, lain namanya. Kalau yang diketuai Kang Ipin itu huruf 's'-nya ada dua, sedangkan saya huruf 's'-nya satu. Saya namanya Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia, sedangkan beliau beda Assosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia," katanya.

"Jadi Apdesi yang saya pimpin tidak abal-abal," ucap dia.

Lihat Juga: Klaim Luhut Soal Big Data Penundaan Pemilu: AHY Tuding Manipulasi, PDIP Minta Klarifikasi

Sebelumnya, Arifin menyebut Apdesi yang dipimpin Surtawijaya, yang mendukung Presiden Jokowi tiga periode, baru mengantongi SKT sehari menjelang acara Silatnas Kepala Desa yang digelar pada 29 Maret 2022 lalu.

Kabar itu diungkap Arifin saat berjumpa Ketua DPD La Nyalla Mahmud Mattalitti pada Minggu (3/4/2022) malam WIB.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top