News

Aprilia Manganang Ubah Nama Jadi Aprilio Perkasa

Aprilia Manganang Ubah Nama Jadi Aprilio Perkasa

Selama 28 tahun, Aprilia Manganang hidup dan dinyatakan perempuan dalam berbagai dokumen resmi negara. Bahkan, Aprilia juga menjadi atlet voli putri dan memiliki karier cemerlang selama bertahun-tahun. Ia terpilih sebagai atlet tim voli nasional, hingga akhirnya memutuskan pensiun karena cidera pada akhir 2020 lau.

Pemilik nama Aprilia Santini Manganang ini selanjutnya bergabung sebagai anggota TNI berpangkat sersan dua (serda). Sosok kelahiran 27 April 2992 ini pun mulai menjalani sejumlah pemeriksaan medis sejak 3 Februari 2021 lalu di RSPAD Gatot Subroto.

Dari hasil pemeriksaan tersebut, diketahui Aprilia mengidap kelainan kelamin bernama hipospadia. Sebenarnya, Aprilia lahir sebagai laki-laki, dan menjalani operasi korektif. TNI juga dengan tegas membantah bahwa operasi tersebut adalah operasi transgender.

“Sersan Manganang ini bukan transgender, bukan pula interseks. Tak masuk dalam kelompok itu semua,” terang KSAD Jenderal Andika Perkasa dalam konferensi pers di Mabes AD, Selasa (9/3/2021).

“Saya tau definisinya dan tim dokter juga tau semua definisinya. Karena memang kelainan yang dialami yaitu hipospadia. Maka kembalikan ke situ,” kata Andika Perkasa.

Kini, Aprilia Manganang telah resmi berganti nama jadi Aprilio Perkasa Manganang. Pengajuan permohonan pengubahan nama tersebut dikabulkan oleh PN Tondano. Keputusan tersebut diambil oleh Majelis Hakim Nova Loura Sasube dalam persidangan penggantian jenis kelamin, nama, dan dokumen kependudukan yang berlangsung virtual pada Jumat (19/3/2021).

“Menetapkan pergantian nama pemohon yang sebelumnya bernama Aprilia Santini Manganang berubah jadi nama Aprilio Perkasa Manganang,” kata Nova dalam pembacaan putusan.

Lihat Juga: Aprilia Manganang Dipastikan Laki-laki

Selain mengganti nama, majelis hakim juga mengabulkan permohonan terkait perubahan jenis kelamin secara hukum. Hakim mengabulkan permohonan perubahan jenis kelamin dari wanita menjadi pria berdasarkan keterangan dari ahli, saksi, dan bukti. Aprilia Manganang terlihat meneteskan air mata saat Andika Perkasa mengganti tanda pengenalnya yang bertuliskan “Aprilia” menjadi “Perkasa”.

Ia juga member hormat kepada KSAD Jenderal Andika Perkasa serta langsung memeluknya erat. Aprilio juga terlihat mencium tangan serta memeluk Hetty Andika Perkasa, istri Andika. Aprilio Manganang mengatakan, perubahan tersebut adalah momen yang paling ditunggunya selama 28 tahun.

“Semoga ini jadi awal yang baik ke depan, awal yang baru. Karena inilah yang saya nanti selama ini. Puji Tuhan terimakasih Tuhan Yesus, saya dapat melewati ini semua,” tutur Aprilia yang sebelumnya bernama Aprilia Manganang ini.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top