News

Ardelia Muthia Zahwa, Pembawa Baki Paskibraka Nasional 2021 Wakil Sumatera Utara

Ardelia Muthia Zahwa, Pembawa Baki Paskibraka Nasional 2021 Wakil Sumatera Utara

Kemerdekaan Indonesia tahun ini masih dirayakan dalam situasi pandemi COVID-19. Upacara 17 Agustus 2021 pun digelar pemerintah secara terbatas. Tak seperti tahun 2020, kini Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) memiliki formasi lengkap 17-8-45. Ardelia Muthia Zahwa, Paskibraka Nasional 2021 dari Sumatera Utara, dinobatkan sebagai Pembawa Baki pada upacara yang dilakukan di Istana Merdeka, Selasa pagi, (17/8/2021).

Terpilihnya Ardelia sebagai Pembawa Baki pada Hari Ulang Tahun ke-76 Republik Indonesia, menjadikan Sumatera Utara mencatatkan satu nama perwakilannya lagi yang dipercaya mengemban tugas tersebut. Pada HUT RI ke-72, Ruth Cheline Eglesya dipercaya menjadi Pembawa Baki pada Upacara Penurunan Bendera.

Lihat Juga: Ini Tradisi Rakyat Indonesia Yang Biasa Dilakukan Untuk Merayakan Hari Kemerdekaan

Tiga tahun berselang, tepatnya pada 2020, tongkat estafet diserahkan kepada Sylvia Kartika Putri. Sylvia juga bertugas pada upacara di sore hari itu. Sebelum terpilih sebagai pembawa Baki Bendera 2021, Ardelia sempat beberapa kali bertanya kepada Sylvia. Ia bertanya terkait bagaimana agar dapat memberikan yang terbaik saat berada di Pusat Pendidikan dan Pelatihan  di Cibubur.

“Aku hanya bisa memberi arahan virtual saja saat masih di Medan. Dia tanya ke saya bawa bakinya bagaimana. Akhirnya aku suruh dia latihan sendiri naik turun tangga di rumah,” kata  Sylvia kepada Diary Paskibraka Liputan 6.com Selasa, (17/8/2021).

Berikut profil Pembawa Baki Paskibraka Nasional 2021 wakil dari Provinsi Sumatera Utara, Ardelia Muthia Zahwa.

Profil Ardelia Muthia Zahwa

Ardelia merupakan anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Nasional 2021 kelahiran Tebing Tinggi, 6 Desember 2004. Ia adalah anak ke-3 Dr Marsono, seorang pegawai BUMN PT Perkebunan Nusantara III (Persero).

Gadis yang memiliki berat badan 60 kilogram dan tinggi 170 cm ini tercatat sebagai salah satu siswi Kelas X di SMA Harapan 1 Medan, Jln Imam Bonjol, Kecamtan Medan Mainum, Kota Medan. Gadis cantik satu ini memiliki keterampilan di bidang seni tari dan hobi berolahraga basket. Selain itu, ia juga memiliki kemampuan berbahasa Inggris aktif.

Diketahui Ardelia Muthia Zahwa ingin melanjutkan pendidikannya di IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri). Sebelumnya, Ardelia bersama 67 anggota Paskibraka lainnya telah dikukuhkan oleh Presiden RI Joko Widodo pada Kamis (12/8/2021) di Istana Merdeka Jakarta.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top