News

AS – Kanada Walkout di Pertemuan Menkeu G20, Begini Tanggapan Sri Mulyani

AS – Kanada Walkout di Pertemuan Menkeu G20, Begini Tanggapan Sri Mulyani

Beberapa negara seperti Amerika Serikat (AS), Inggris dan Kanada walkout di forum Menteri Keuangan (Menkeu) G20. Aksi walkout di pertemuan Menkeu G20 ini dilakukan saat wakil Rusia tengah menyampaikan pandangan di acara itu.

Mengutip Reuters, Menteri Keuangan Amerika Janet Yellen mengatakan tak setuju dengan hadirnya Rusia di G20. Berikutnya Menkeu Inggris Rishi Sunak mengecam keras penyerangan Rusia atas Ukraina.

Menkeu Kanada Chrystia Freeland menyampaikan kalau negara-negara di dunia tidak akan tinggal diam melihat penyerangan dan kejahatan Rusia yang kini masih terus berlangsung ke Ukraina.

"Hari ini Kanada dan sejumlah negara walkout dari forum G20 ketika Rusia ada dalam pertemuan ini," tulis dia di akun Twitter @carfreeland.

Lihat Juga: Diemban Indonesia, Apa Sih Presidensi G20?

Ia juga menyebut, AS dan Kanada adalah mitra dagang sejati dan keduanya sepakat untuk memberikan dukungan kepada Ukraina agar terbebas dari tekanan perang hingga menanggulangi ketahanan pangan dunia.

Selain itu, Chrystia juga menyampaikan Menkeu Jerman Christian Lindner mengirimkan dukungan keuangan ke Ukraina.

"Kami membicarakan terkait dampak perang Rusia dan Ukraina. Saya berterima kasih kepada Eropa yang mendukung Ukraina," jelasnya.

Tanggapan Sri Mulyani Terkait Walkout di Pertemuan Menkeu G20

Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati menuturkan keluarnya sejumlah negara barat dari ruang pertemuan Menkeu G20 bukanlah hal mengejutkan. Sebab sebelumnya mereka telah mengancam akan keluar apabila Rusia hadir di forum itu.

"Kami memahami bahwa ada beberapa skenario bagaimana negara G7+ akan merespons kehadiran pertama kali Rusia dan pada saat Rusia intervensi atau berbicara. Jadi ini bukan kejutan bagi kami," tutur Sri Mulyani.

Lihat Juga: KTT G20 Indonesia Bakal Memanas, Putin Berencana Hadir di Bali

Walau begitu, Sri Mulyani menyampaikan bahwa sidang berjalan lancar. Keluarnya Amerika Serikat dan beberapa negara disebut tak mengurangi keefektifan pertemuan Menkeu G20 karena konflik dan perbedaan pemahaman anggota.

"Ini dilakukan tanpa mendisrupsi dan dalam hal ini tanpa menciptakan permasalahan terhadap diskusi kita terkait substansi (forum) itu sendiri," kata dia.

Sri Mulyani menguraikan pertemuan Menkeu G20 di AS secara intensif memang membicarakan soal perang Rusia dan Ukraina. Banyak negara anggota forum tersebut meminta Rusia untuk menghentikan serangan ke Ukraina.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top