News

Asik Nongkrong Saat PPKM Darurat, 8 Oknum Anggota Dinas Perhubungan DKI Dipecat

8 Anggota Dinas Perhubungan DKI Dipecat

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendukung Dinas Perhubungan yang melakukan pendisiplinan terhadap anggotanya yang melanggar aturan.

“Langkah yang dilakukan Dishub merupakan langkah tepat. Langkah pendisiplinan sebab pribadi-pribadi yang memakai seragam, bergerak, berbuat, bertindak atas nama negara,” tutur Anies di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Jumat (9/7/2021).

Menurutnya, apa yang dilakukan oleh anggota Dishub tersebut sangatlah tak pantas. Sebab 8 anggota tersebut masih mengenakan atribut negara ketika melanggar PPKM darurat.

“Sebab itu, bukan hanya pemberhentian, tapi karena mereka tak patut untuk memakai atribut negara di pundaknya, di dadanya di waktu mereka malah melakukan pelanggaran atas kebijakan,” ucap Anies.

Lihat Juga: Langgar PPKM Darurat, Bos 2 Perusahaan Di DKI Jadi Tersangka

Karena hal tersebut, Anies Baswedan meminta agar ASN (Aparatur Sipil Negara) di lingkungan Pemprov DKI bisa menaati aturan yang berlaku. Karena apabila melanggar, sanksi yang diberikan adalah pencopotan atau pemecetan kerja.

“Pada seluruh agar disiplin dan justru aparatur negara jadi contoh kalau semua usaha untuk mendisiplinkan harus dilakukan oleh semua. Apalagi oleh pribadi-pribadi yang kerja, yang bergerak atas nama negara,” kata Gubernur DKI.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan pemeriksaan terhadap 8 oknum anggota Dishub DKI itu telah dilakukan. Ia mengungkap, anggotanya itu terbukti melanggar kebijakan PPKM darurat yang saat ini masih diberlakukan. Yaitu Keputusan Gubernur No 875 Thn 2021 mengenai PPKM Darurat COVID-19.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan internal Dinas Perhubungan, 8 anggota PJLP ini mengaku mereka yang berada di area video viral itu dan dari hasil berita acara pemeriksaan terpenuhi unsur sanksi kategori berat. Karena itu, langsung pada 9 Juli 2021 ini, 8 anggota PJLP diputuskan hubungan kerjanya,” jelas Syafrin.

Lihat Juga: Awas! Pejabat Tak Dukung PPKM Darurat Bakal Ditindak

Video Nongkrong Oknum Anggota Dinas Perhubungan Jadi Viral

Sebelumnya, sebuah rekaman video selama 44 detik sempat viral di medsos sebab menampilkan beberapa petugas Dishub DKI Jakarta yang sedang asik nongkrong di sebuah warung kopi. Dalam video itu juga tertuli sebuah keterangan, “Masyarakat nongkrong dibubarkan. Ini Dishub asik nongkrong ngopi cantik!!! Di mana keadilannya”.

“Kita orang tidak boleh nongkrong, kita dibubarkan, ini sudah pukul 9 malam, ini saya merekam. Kemarin penjual kita ada yang disemprot, ini ramai mobil motor saya videokan,” kata seseorang yang merekam video tersebut.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top