News

Aturan Naik KRL Terbaru: Duduk Tidak Lagi Berjarak, Kapasitas Ditambah Jadi 60 Persen

Aturan Naik KRL Terbaru Duduk Tidak Lagi Berjarak, Kapasitas Ditambah Jadi 60 Persen

Berdasarkan aturan naik KRL terbaru, penumpang di dalam gerbong tidak lagi duduk berjarak. Sejalan dengan hal tersebut kapasitas kereta rel listrik (KRL) juga meningkat jadi 60%.

“Kereta komuter di wilayah aglomerasi termasuk KRL Jabodetabek dan KRL Yogyakarta-Solo diperkenankan melayani pengguna hingga 60% dari kapasitas. Ini merupakan peningkatan setelah sebelumnya hanya melayani 45% dari kapasitas,” ujar VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba, Rabu (9/3/2022).

Aturan tersebut diatur dalam Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) No 25 Tahun 2022. Aturan naik KRL terbaru ini resmi berlaku mulai hari ini, Rabu (9/3/2022).

Lihat Juga: Naik Pesawat Tak Perlu PCR Lagi, Begini Kondisi COVID-19 di Indonesia

Penambahan kapasitas tersebut juga ditandai dengan penumpang saat ini bisa duduk tanpa berjarak. Petugas KAI Commuter juga sudah menarik dan membersihkan tempat duduk di KRL dari tanda-tanda jaga jarak yang sebelumnya ditempel.

Aturan Naik KRL Terbaru: Balita Diizinkan Naik KRL

Dalam aturan baru ini, anak berusia di bawah lima tahun alias balita juga diperbolehkan menumpangi KR. Meskipun terdapat pelonggaran aturan, KAI Commuter meminta para penumpang untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

“(Balita boleh naik KRL) dengan syarat didampingi orang tua dan mengikuti protokol kesehatan secara ketat serta menggunakan KRL di luar jam-jam sibuk,” ucapnya.

Diimbau Taat Prokes

Anne menyampaikan penumpang harus memakai masker dan disarankan masker ganda. Penumpang juga harus sudah mendapat vaksinasi dengan melakukan scan lewat aplikasi PeduliLindungi maupun menunjukkan surat vaksin secara fisik.

KAI Commuter juga meminta para penumpang untuk tetap memperhatikan jarak aman dan mencuci tangan menggunakan sabun sebelum ataupun sesudah naik KRL. Selain itu, karena pandemi belum berakhir, penumpang di dalam KRL masih dilarang berbicara.

Lihat Juga: Fitur Baru Aplikasi PeduliLindungi, Bisa Untuk Check-In Di Bandara

Anne mengatakan di aturan naik KRL terbaru, operasional kereta rel listrik ini tetap dibatasi dengan jam operasional mulai pukul 04.00-22.00 WIB. Per hari KRL tetap melakukan 1.005 perjalanan.

Untuk mengetahui informasi terkait kepadatan di stasiun, posisi terkini KRL, menghindari kepadatan jam-jam sibuk hingga jadwal perjalanan, penumpang bisa menggunakan aplikasi KRL Accsess.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top