News

Aturan Penerimaan Calon Taruna Diubah: Usia Minimal-Tinggi Badan

Aturan Penerimaan Calon Taruna

Aturan penerimaan calon taruna-taruni TNI 2022 direvisi oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Dalam aturan penerimaan calon taruna tersebut, salah satunya yang diubah adalah usia pendaftar.

Berdasarkan video Sidang Pemilihan Terpusat Integratif Penerimaan Taruna Taruni yang dibagikan lewat kanal YouTube Panglima TNI ANdika Perkasa, Senin (26/9/2022), Andika menjelaskan perubahan tersebut dilakukan agar para pendaftar lebih terakomodasi.

“Jadi kita menggunakan peraturan Panglima TNI yang terakhir itu tahun 2020 nomor 31 itu, itu sudah saya lakukan perubahan. Perubahan yang sebetulnya lebih mengakomodasi,” terang Andika.

Menurut aturan penerimaan calon taruna sebelumnya, syarat pendaftaran yaitu usia minimal 18 tahun terhitung mulai pembukaan pendidikan. Lalu, aturan itu diubah oleh Andika menjadi minimal usia 17 tahun 9 bulan.

“Jadi saya sudah membuat revisi sedemikian rupa sehingga lebih mengakomodasi kondisi umum remaja Indonesia. Itu yang paling penting. Termasuk usia,” kata dia.

Lihat Juga: Keturunan PKI Boleh Daftar TNI, Ini Kebijakan Baru dari Panglima TNI

Di kesempatan tersebut, Aspers Panglima TNI Marsekal Muda TNI Kusworo menuturkan penurunan syarat usia calon taruna ini adalah sebuah terobosan.

“Tapi di tahun ini ada toleransi tiga bulan. Lebih dimudahkan. Jadi 17 tahun 9 bulan terhitung mulai tanggal dibuka pendidikan. Ini suatu terobosan yang bagus, memberikan suatu kesempatan satu toleransi,” kata Kusworo.

Aturan Penerimaan Calon Taruna: Tinggi Badan Minimal juga Direvisi

Selain batas usia, persyaratan lain untuk penerimaan calon taruna-taruni TNI yang direvisi Andika adalah tinggi badan. Jika sebelumnya syarat tinggi badan minimal 163 cm bagi pria, kini jadi 160 cm. sedangkan syarat tinggi badan bagi Wanita yang sebelumnya 157 cm turun menjadi 155 cm.

Selain batas usia, Panglima TNI juga merevisi aturan penerimaan calon taruna dan taruni TNI terkait tinggi badan.

“Sebagai contoh tinggi badan Peraturan Panglima yang terakhir yang menjadi dasar kita semua saat ini adalah 163 cm untuk pria. Untuk wanita 157 cm. Itu sudah saya turunkan,” ujar Andika.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top