News

Bahlil Lahadalia Jadi Menteri ESDM Ad Interim, Arifin Tasrif Kemana?

Bahlil Lahadalia Jadi Menteri ESDM Ad Interim, Arifin Tasrif Kemana?

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia saat ini merangkap jabatan sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) ad interim atau sementara.

Hal tersebut setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilihnya untuk menempati posisi yang awalnya diduduki oleh Arifin Tasrif. Namun Bahlil Lahadalia hanya menempati posisi itu untuk beberapa hari ke depan.

Kabar Bahlil ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai Menteri ESDM ad interim ini pun telah dikonfirmasi oleh Staf Khusus Menteri Investasi, Tina Talisa.

"Berdasarkan surat dari Menteri Sekretaris Negara tertanggal 3 Februari 2022, Presiden Joko Widodo menunjuk Menteri Investasi/Kepala BKPM Bapak Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral ad interim," ujarnya melalui keterangan resmi.

Lihat Juga: Jokowi Tak Kunjung Reshuffle Kabinet, Apa Penyebabnya?

DPR Konfirmasi Bahlil Lahadalia Jadi Menteri ESDM Ad Interim

Diketahui, Menteri ESDM Arifin Tasrif ternyata tengah menjalani isolasi mandiri dan sudah memberitahukan hal ini kepada DPR RI.

Kementerian ESDM pun juga telah mengabarkan bahwa Arifin Tasrif sedang isolasi mandiri sejak, Minggu 30 Januari 2022 lalu. Surat bertanggal 31 Januari 2022 tersebut berisi permohonan kepada Komisi VII DPR selaku mitra kerja ESDM untuk menunda rapat kerja yang sebelumnya telah diagendakan.

Dikonfirmasi, Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Bambang Haryadi telah membenarkan surat itu. Bambang mengatakan penunjukkan Bahlil Lahadalia sebagai Menteri ESDM ad interim karena menteri aslinya sedang menjalani isolasi mandiri.

"Kami menduga penunjukan Menteri ESDM ad interim sifatnya sementara agar tidak terjadi kekosongan kepemimpinan di Kementerian ESDM, apalagi saat ini beban kerja di kementerian lagi sangat banyak sekali untuk tata kelola sektor energi dan sumber daya alam," ucap Bambang.

Lihat Juga: Reshuffle Kabinet, Siapa Menteri yang Bakal Terpental?

Politikus Partai Gerindra tersebut juga mendoakan agar Menteri ESDM Arifin Tasrif lekas pulih. Ia berharap pekerjaan rumah dari presiden dapat dituntaskan setalah isolasi mandiri selesai.

Setelah ditunjuk untuk menjadi Menteri ESDM sementara, Bahlil Lahadalia terlihat langsung menggelar rapat bersama Eselon I di lingkungan Kementerian ESDM. Berdasarkan foto yang diterima LoperOnline.com, terlihat Bahlil duduk di tengah dengan diapit oleh beberapa pejabat Eselon I.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top