News

Balasan Menohok untuk Fadli Zon Soal Banjir Sintang

Balasan Menohok untuk Fadli Zon Soal Banjir Sintang

Politikus Partai Gerindra Fadli Zon mendapat balasan menohon dari beberapa pihak usai menyindir Presiden Joko Widodo (Jokowi) kapan akan ke Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat yang terkena banjir. Adalah PDIP, salah satu pihak yang menyampaikan balasan menohok untuk Fadli Zon.

“PDI Perjuangan sangat memahami kondisi banjir di Kalbar. Bahkan, partai melalui Baguna partai sudah bergerak cepat. Bu Risma sebagai Menteri Sosial juga sudah menerima arahan langsung dari Presiden Jokowi dan langsung bergerak, turun membantu rakyat di Kalbar. Berhari-hari di Kalbar, Demikian pula Lazarus, Ketua DPD PDI Perjuangan dan sekaligus Ketua Komisi V DPR RI, sudah terjun langsung membantuk rakyat,” papar Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Sabtu (13/11/2021).

Hasto menyebut Fadli Zon hanya memberikan kritik tanpa aksi. Dia menyoroti kedudukan Partai Gerindra yang saat ini bergabung dengan koalisi pemerintahan Jokowi-Ma’ruf.

“Pak Fadli Zon hanya memberikan kritik tanpa perbuatan nyata. Pak Fadli Zon dalam perspektif politik, dalam catatan PDI Perjuangan, tampak selalu berseberangan dengan pemerintahan Presiden Jokowi-KH Ma’ruf Amin,” ungkapnya.

“Sementara itu, Partai Gerindra sudah menjadi bagian dari pemerintahan. Hubungan ibu Megawati Soekarnoputri dan Presiden Jokowi dengan pak Prabowo juga sangat baik. Demikian pula antara PDI Perjuangan dan Gerindra juga berjalan baik, saling menghormati sebagai sesama partai yang berada di dalam pemerintahan,” lanjutnya.

PPP: Fadli Zon ke Sintung Nggak?

Di sisi lain, Ketua DPP PPP Achmad Baidowi juga melayangkan balasan menohok kepada Fadli Zon terkait banjir di Sintang. Baidlowi mempertanyakan ‘aksi’ politikus Partai Gerindra itu terhadap bencana banjir di Sintang.

“Lha Fadli Zonk ke sana nggak? Jangan-jangan, Ketua BKSAP hanya kunjungan luar negeri,” ujar Baidowi, Sabtu (13/11/2021).

Baidowi mengatakan kunjungan kerja Presiden Jokowi ke lokasi bencana kurang penting dibandingkan penanganan yang dilakukannya. Dia menambahkan kunjungan kerja ke lokasi bencana bisa diwakilkan oleh jajaran pemerintah.

“Sebenarnya yang terpenting itu adalah penanganan dari pemerintah, bukan kunjungannya. Karena, peninjauan lokasi itu bisa juga diwakili oleh jajaran pemerintah. Di Indonesia banyak lokasi bencana yang tidak mungkin satu per satu dikunjungi. Yang terpenting kontribusi kita dalam menangani bencana itu apa? Bukan nyinyir aja,” tegasnya.

Istana Bersuara

Di lain pihak, Staf Khusus Mensesneg Faldo Maldini juga membalas kritikan Fadli Zon terkait sindirannya terhadap Presiden Jokowi kapan berkunjung ke Sintang yang terkena banjir. Faldo menyebut adalah hal biasa politikus Partai Gerindra itu melontarkan sindiran.

“Kalau soal pak Fadli Zon nyindir-nyindir, ya biasa saja lah, tokoh oposisi. Anggota DPR amanahnya kan mengontrol. Selain itu, memang skill retoriknya andalan, beliau jago bikin puisi. Kalau fokus bisa jadi Pablo Neruda-nya Indonesia,” ungkap Faldo, Sabtu (13/11/2021).

Faldo memastikan jajaran pemerintah sudah bertindak cepat dalam mengatasi banjir di Sintang. Bantuan dari pemerintah, lanjut dia, juga sudah terdistribusikan kepada warga yang terdampak.

“Soal bencana alam di Sintang, tentu sudah ada badan yang bertindak cepat. BNPB sudah turun dari awal. Kami juga terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah. Bantuan-bantuan sudah mulai terdistribusi, tahap satu sudah, yang tahap dua sedang diproses juga, setelah pendataan. Pemerintahan Presiden Jokowi pastikan semua berjalan sebaik-baiknya,” terangnya.

Sebelumnya, Fadli Zon melayangkan sindiran kepada Presiden Jokowi yang meresmikan Sirkuir Mandilka, di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Dia mempertanyakan kapan Presiden menunjungi Sintang yang terkena banjir.

“Luar biasa pak. Selamat peresmian Sirkuit Mandalika. Tinggal kapan ke Sintang, sudah 3 minggu banjir belum surut,” sindir Fadli Zon (13/11/2021).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top