News

Bambang Susanto Disebut Jadi Calon Kepala Otorita IKN, PAN: Pilihan Tepat!

Bambang Susanto Disebut Jadi Calon Kepala Otorita IKN, PAN: Pilihan Tepat!

Mantan Wakil Menteri Perhubungan (Wamenhub) Bambang Susanto santer disebut jadi calon kuat Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. PAN menilai Bambang adalah sosok yang tepat.

Anggota DPR dari Fraksi PAN, Viva Yoga Mauladi, menuturkan bahwa Bambang Susanto merupakan ahli transportasi dan infrastruktur. Selain itu, ia juga memiliki pengalaman di dunia pemerintahan.

Viva Yoga mengatakan pemimpin IKN mempunyai beban tugas yang berat jadi dibutuhkan sosok dengan integritas tinggi serta mempunyai kapasitas keilmuan, profesionalitas dan pengalaman yang baik.

"Beban tugas yang berat dan tantangan yang tidak ringan, tentu membutuhkan sosok yang memiliki integritas pribadi, kapasitas keilmuan, pengalaman, kepemimpinan, dan nilai profesionalitas yang tinggi," kata Viva Yoga.

Lihat Juga: Kepala Otorita IKN Boleh Dirangkap Menteri, Efektif Tidak?

Kemudian, ia menilai pemilihan Bambang Susanto menjadi Kepala Otorita IKN Nusantara mempunyai tanggung jawab besar. Dia menilai hal tersebut sudah melewati pertimbangan yang komprehensif.

Kepala Otorita Segera Dilantik Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa tidak lama lagi nama calon Kepala Otorita IKN Nusantara bakal diumumkan. Bahkan, Presiden Jokowi menyebut pelantikan tersebut bisa saja dilakukan pekan depan.

"Ya mungkin, mungkin ini, minggu-minggu depan juga. Mungkin minggu-minggu depan akan kita lantik," ungkap Jokowi kepada awak media setelah peresmian NasDem Tower, Selasa (22/2/2022).

Setidaknya ada tiga nama yang dijagokan akan jadi Kepala Otorita Nusantara. Ketiga nama tersebut adalah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, mantan Menteri Perhubungan Bambang Susanto dan Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro.

Bambang Susanto Dikenal Cerdas

Bambang Susanto adalah alumni Institut Teknologi Bandung (ITB). Ia meraih gelar sarjana di Fakultas Teknik Sipil ITB pada tahun 1987. Semasa kuliahnya, Bambang dikenal sebagai sosok yang mempunyai kecerdasan di atas rata-rata.

Sebelumnya, Bambang Susanto sempat menduduki posisi sebagai Wakil Menteri Perhubungan pada 2010-2014.

Lihat Juga: PKS Soroti Proyek IKN: Bahaya Kalau Dikebut!

Pria yang lahir di Yogyakarta 4 November 1963 ini, kini tengah berkarir di luar negeri. Dia dipercaya menjadi Vice President Asian Development Bank (ADB). Bambang bertanggung jawab dalam pembangunan berkelanjutan serta perubahan iklim sampai riset ekonomi dan kerjasama regional.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top