News

Banjir Korea Selatan, Ternyata Ini yang Jadi Biang Keroknya

Banjir Korea Selatan

Ibu kota Korea Selatan, Seoul, diterjang banjir parah pada Senin (7/8/2022) dan menyebabkan tujuh orang tewas serta enam lainnya hilang. Banjir Korea Selatan ini terjadi saat Seoul dan sejumlah wilayah di sekitarnya dilanda hujan deras.

“Setidaknya tujuh orang tewas di area metropolitan Seoul, sementara tujuh lainnya hilang, akibat hujan deras sampai pada pukul 07.30 pagi ini,” kata salah satu pejabat Kementerian Dalam Negeri Korea Selatan kepada AFP.

Seperti dilaporkan oleh kantor berita Yonhap, banjir Korea Selatan ini diakibatkan oleh curah hujan sangat tinggi dalam beberapa tahun terakhir.

Beberapa wilayah Seoul, Kota Incheon dan Provinsi Gyeonggi yang mengelilingi ibu kota Korsel mengalami hujan lebat dengan jumlah air lebih dari 100 milimeter per jam pada Senin (8/8/2022) malam.

Lihat Juga: Motor Terendam Banjir? Lalukan Dulu Hal Ini

Bukan itu saja, curah hujan di Distrik Dongjak, Seoul, juga sempat menyentuh angka 141,5 milimeter. Angka itu adalah yang tertinggi dalam per jam sejak tahun 1942.

Banjir Korea Selatan juga Disebut ‘Kiriman’ Korut

Curah hujan tinggi di Semenanjung Korea kemarin juga membuat Korea Utara membuka pintu bendungan di perbatasan kedua negara.

“Mengingat hujan deras di Korea Utara, Korut berkali-kali membuka dan menutup gerbang air di Bendungan Hwanggang. Tampaknya (Korut) menyesuaikan level air di Bendungan Hwanggang berdasarkan curah hujan,” ujar seorang pejabat Kementerian Unifikasi Korea Selatan pada Senin (8/8/2022).

Pejabat itu juga mengatakan Korea Utara tidak mengirim peringatan ke Korea Selatan lebih dulu saat membuka bendungan. Korea Selatan sendiri memastikan limpahan air dari Bendungan Hwanggang belum menyebabkan kerusakan fatal. Tetapi, pemerintah Korsel terus memantau situasi dengan ketat karena curah hujan diprediksi tetap tinggi hingga Selasa (19/8/2022), terutama di Korea Utara.

Lihat Juga: Ri Sol Ju, Istri Kim Jong Un Yang Sangat Misterius

‘Banjir kiriman’ dari Korea Utara biasanya perlu empat sampai lima jam dari bendungan di Sungai Imjin menuju selatan ke Bendungan Bunnam di dekat perbatasan, Yeongcheon. Jarak kota tersebut dari Seoul sekitar 62 kilometer.

Namun, belum pasti apakah pembukaan pintu bendungan oleh Korut itu menyebabkan banjir Korea Selatan kemarin. Meski demikian, pada tahun 2009 lalu, Korut sempat membuka bendungan airnya. Akibatnya, perbatasan Korut dan Korsel dilanda banjir yang menyebabkan enam warga Korea Selatan terbawa arus.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top