News

Banyak Peserta tak Lulus SKD CPNS Kemenkumham

Peserta tak Lulus SKD CPNS Kemenkumham

Pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS Kemenkumham serentak dilakukan hari ini di seluruh Indonesia, langsung bisa diketahui banyak peserta yang tidak lulus passing grade.

Dalam kunjungan kerjanya ke Denpasar, MenPAN-RB Asman Abnur menyempatkan diri meninjau pelaksanaan SKD di Kantor Regional X BKN Denpasar Bali, Senin (11/9).

Dia melihat langsung proses tes dari awal hingga akhir. Di tempat tersebut, terdapat layar monitor untuk melihat hasil tes dari peserta yang telah selesai tes.

Setelah itu, Menteri Asman yang didampingi Sekjen Kemenkumham Bambang Rantam Sariwanto menuju ruang monitoring untuk melihat suasana SKD dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT).

Saat itu, sedang berlangsung CAT sesi dua. Pihak panitia mengatakan pada sesi pertama, peserta yang lulus passing grade hanya 30 persen.

“Fair kan hasilnya, hasil SKD-nya langsung terpampang dan bisa dilihat keluarga peserta juga,” kata Asman.

Kanreg X BKN melaksanakan SKD lima sesi dalam sehari dan diikuti oleh 500 peserta per harinya. Di ruang monitoring tersebut, Menteri Asman juga bisa melihat hasil tes dari para peserta.

Hasil ini sama dengan apa yang disajikan di tempat tunggu. Di situ tertera nama peserta, nilai tiap materi tes dan juga nilai keseluruhan.

“Sekarang tahapnya sangat ketat. Dengan sistem ini, kita bisa memperoleh pegawai ASN pilihan,” tegas Asman.

Dia menambahkan, dengan sistem seleksi terbuka tidak ada yang bisa membantu meloloskan. Mereka hanya bisa mengandalkan kemampuan yang dimiliki.

Sebanyak 611.319 dari 1.116.138 pelamar CPNS di Kemenkumham dinyatakan lulus seleksi administrasi dan berhak mengikuti SKD.

Peserta terdiri dari 220.455 lulusan S1, 746 orang lulusan D3, dan terbanyak dari lulusan SMA sederajat sebanyak 390.118.

Pelaksanaan SKD kualifikasi pendidikan Dokter Spesialis, Dokter Umum dan Sarjana mulai berlangsung 11sampai 16 September dengan sistem CAT di 33 titik.

Lokasi pelaksanaan SKD formasi S1 Kemenkumham berlangsung serentak di 33 titik lokasi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top