News

Barbados Jadi Republik: Presiden Pertama – Rihanna Jadi Pahlawan Nasional

Barbados Jadi Republik: Presiden Pertama - Rihanna Jadi Pahlawan Nasional

Barbados jadi republik setelah resmi keluar dari persemakmuran Kerajaan Inggris. Pada momen itu juga mereka melepas Ratu Elizabeth II dari posisinya sebagai kepala negara Barbados. Presiden pertama lalu dilantik dan secara resmi negara ini menjadi republik setelah lama bergabung dengan Monarki Konstitusional bagian dari Inggris.

Presiden Pertama Barbados

Setelah mencopot Ratu Elizabeth II dari jabatannya di Barbados, Dame Sandra Mason dilantik sebagai presiden pertama. Ia dilantik setelah negara yang terletak di Kepulauan Karibia itu melepas statusnya sebagai persemakmuran Inggris dan menjadi republik.

Presiden perempuan pertama yang menjadi presiden pertama di Barbados ini terpilih pada 21 Oktober 2021 dengan mendapatkan suara mayoritas parlemen.

Sebagai presiden, Mason akan menjadi pemimpin tertinggi di negara itu. Kekuasaan di Barbados juga tidak lagi dipegang oleh ratu, karena status negara juga telah berganti jadi demokrasi.

Walau begitu, tugas yang akan diemban presiden sebagian besarnya bersifat seremonial. Karena untuk urusan administrasi negara, presiden tetap butuh tanda tangan bersama perdana menteri Barbados.

Sebelum dilantik menjadi presiden, Mason pernah menempati jabatan gubernur jenderal alias wakil ratu pada 2018 silam.

Dame Sandra Mason lahir pada 1949 di St Philip, yang merupakan distrik kela pekerja. Ia juga kerap memuji sistem pendidikan di negaranya yang dinilai mempunyai pencapaian luar biasa.

Rihanna Jadi Pahlawan Nasional Barbados

Setelah Barbados jadi republik, penyanyi Rihanna dinobatkan menjadi Pahlawan Nasional pada Senin, 30 November 2021. Ia dianugerahi penghargaan tinggi di tanah kelahirannya. Penghargaan tersebut dinobatkan langsung oleh Perdana Menteri Barbados Mia Mottley.

Melansir People, Rabu (1/1/2021), Rihanna dinobatkan dalam sebuah upacara yang menandakan perpisahan Barbados dari Inggris dan resmi jadi republik, menurut The Hollywood Reporter.

Dari video upacara yang dibagikan The Guardian, Rihanna terlihat berjalan menuju Mottley untuk menerima gelarnya.

Rihanna mendapat gelar The Right Honourable, gelar terhormat itu baru dianugerahkan kepada 11 orang. Rihanna sendiri merupakan perempuan kedua yang mendapatkannya, menurut THR.

Sebetulnya ini bukan kali pertama Rihanna dianugerahi gelar dari Barbados. Sebelum Barbados jadi republik, yaitu pada 2018 silam, ia juga dijadikan Duta Besar negara itu. Tugasnya adalah mempromosikan pariwisata, pendidikan dan investasi.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top