News

Begini Penjelasan Mahfud Md Soal Front Persatuan Islam Setelah FPI Dibubarkan

Begini Penjelasan Mahfud Md Soal Front Persatuan Islam Setelah FPI Dibubarkan

Sejumlah orang bersama Munarman mendeklrasikan Front Persatuan Islam usai FPI dilarang oleh pemerintah secara resmi. Menteri Mahfud Md menerangkan dalam sebuah konstitusi, warga negara diperbolehkan untuk membentuk sebuah organisasi baru.

“Menurut konstitusi dan peraturan perundang-undangan tidak ada larangan bagi warga negara untuk membentuk organisasi atau perkumpulan,” kata Mahfud seperti dilansir dari detikcom, Kamis (31/12/2020).

Ia menjelaskan, setiap warga negara berhak untuk mendirikan sebuah organisasi apapun. Konstitusi akan mengizinkannya selama tidak melanggar hukum yang berlaku, termasuk Front Persatuan Islam.

“Pemerintah tidak boleh melarang. Itu hak konstitusional. Jadi boleh membentuk organisasi apa pun selama tidak melanggar hukum,” sambungnya.

Menko Polhukam juga menambahkan dalam mendirikan sebuah origanisasi, tidak wajib ada izin. Tapi, Mahfud menegaskan jika pemerintah dapat melarang organisasi tersebut untuk melakukan suatu kegiatan jika kedapatan melanggar ketertiban dan hukum yang berlaku.

“Menurut putusan Mahkamah Konstitusi No. 82/PUU-XI/2013 Pemerintah bisa melarang dilakukannya kegiatan organisasi yang melanggar hukum dan mengganggu ketertiban umum,” terangnya.

Mahfud juga mencotohkan beberapa organisi yang terbentuk di kalangan masyarakat secara spontan. Seperti organsasi ronda di kampung sampai organisasi kumpulan motor gede alias moge.

Lihat Juga: FPI Dibubarkan Pemerintah, Ini Sederet Riwayat dan Kontroversinya

“Nyatanya banyak organisasi yang dibentuk spontan seperti organisasi ronda di kampung, organisasi gowes di kelurahan, organisasi moge di kota. Itu semua boleh, asal jangan melanggar hukum. Kalau melanggar hukum ya ditindak secara hukum dan pemerintah akan tegas untuk itu,” tambahnya.

Sebelumnya, beberapa orang pentolan FPI telah mendeklarasikan Front Persatuan Islam pada Rabu (30/12). Pendeklarasian tersebut disiarkan melalui rilis pers tertulis. Munarman, yang merupakan deklarator Front Persatuan Islam adalah Sekretaris Umum FPI sekaligus pengacara Rizieq Shihab. Selain dirinya, juga terdapat sejumlah nama lain yang sebelumnya masuk sebagai anggota FPI.

Terkait hal ini, polri juga ikut angkat bicara soal deklarasi Front Persatuan Islam yang tidak berselang lama setelah FPI dibubarkan. Polri menyatakan hanya fokus soal pelarangan FPI saja sesuai dengan surat keterangan bersama.

To Top