News

Belum Kapok Bjorka Beraksi Lagi di Breached Forums! Sebarkan Data dan Ancam Pemerintah

Bjorka

Setelah cukup lama menghilang, Bjorka hari ini kembali beraksi. Melalui akun Telegram-nya dan postingan di Breached Forums, hacker yang belum diketahui dimana keberadaannya itu, menyebarkan data pribadi alias doxing terhadap kepala BSSN (Badan Siber dan Sandi Negara), Hinsa Siburian.

Dalam postingan di Telegram itu, Bjorka memajang foto Hinsa dalam seragam tentara. Tak hanya itu, sang hacker menyertakan tangkapan layar berita online berjudul “Anggaran BSSN Naik Jadi Rp 624 M, ‘Berkah’ Bjorka?” dalam versi terjemahan ke Bahasa Inggris.

“Mari kita tanya orang tua ini uang itu akan dipakai untuk apa,” tulis Bjorka dalam threadnya di Breached Forum.

Data pribadi Ketua BSSN yang dibocorkan Bjorka ini sedikit berbeda dibanding data-data pribadi pejabat tinggi Indonesia yang sebelumnya pernah dibocorkan. Perbedaannya ada pada tambahan satu baris data yang berisi kendaraan yang dimiliki.

Sementara itu tampaknya data yang lainnya masih tetap sama, misalnya sertifikat vaksin yang data terakhirnya masih dari tahun 2021.

Dalam postingan itu pun terlihat kalau Bjorka sudah mengaktifkan lagi grup Telegramnya yang baru, yang sebelumnya sempat tidak aktif selama beberapa waktu. Ia pun kembali menegaskan kalau sampai saat ini ia tidak mempunyai akun Twitter baru.

“Jika ada akun yang menggunakan nama saya, berarti ini akun palsu,” tulis Bjorka di forum tersebut.

Sebelum ini,Bjorka sempat lama menghilang, baik di channel Telegram maupun postingan di forum Breached. Terakhir ia muncul lewat grup Telegramnya, dan menjanjikan mau membuat kejutan, juga mengklarifikasi soal kemunculan akun media sosial yang mengatasnamakan dirinya, pada Selasa (20/9/2022) lalu.

Sementara itu di forum Breached, ia pun tak membuat thread atau postingan apa pun

Bjorka
Situs Breach Forum

Apa sih Breach Forum? Situs yang Jadi Tempat Bjorka Bocorkan Data

Breached Forums adalah situs web dengan layanan utama berupa forum diskusi online. Sebagai sebuah situs web, Breached Forums beralamatkan di “breached.to” yang bisa diakses secara bebas oleh siapapun. 

Seandainya Anda pernah menggunakan KasKus, Breach Forums juga memiliki skema pengoperasian yang hampir sama dengan forum diskusi online itu. Di Breached Forums, terdapat beberapa kanal forum, seperti kanal General, Marketplace, Tutorials, dan lainnya.

Di tiap kanal tersebut, berisi beberapa forum dengan topik khusus terkait. Misal pada kanal Marketplace, terdapat forum dengan topik seperti Leaks Market (jual-beli data yang bocor). Di forum itulah, data sensitif masyarakat Indonesia dibagikan dan diperjual-belikan hacker.

Dalam hal jual-beli data di Breached Forums, hacker umumnya menggunakan metode transaksi melalui mata uang kripto seperti Ethereum atau Bitcoin, sembari menyertakan tautan kontak Telegram.

Selain terdapat forum jual-beli data, Breached Forums juga menyediakan forum lain yang dikelola oleh seorang admin, untuk berdiskusi seputar topik software, hardware, sistem operasi, tutorial pemrograman, dan sebagainya. 

Untuk berinteraksi dan membagikan konten di Breached Forums, pengguna harus menjadi anggota dulu dengan cara registrasi akun. Pendaftaran anggota dilakukan dengan menggunakan alamat email aktif dan membuat password. 

Secara umum, anggota Breached Forums terbagi menjadi tiga jenis, yakni admin, anggota premium, dan anggota biasa. Admin berperan untuk menetapkan peraturan forum dan melakukan pemantauan terhadap anggota lainnya.

Admin di Breached Forums punya wewenang untuk memblokir anggota yang dinilai melanggar peraturan. Sementara itu, untuk jenis anggota premium, terbagi lagi menjadi tiga kategori, yaitu anggota berstatus VIP, MVP, dan GOD. Status anggota premium tersebut bisa dibeli menggunakan mata uang kripto oleh anggota biasa, dengan harga mulai dari 10 Euro (sekitar Rp 147.000). Anggota premium memiliki beberapa kelebihan, salah satunya seperti akses kapasitas lampiran file yang lebih besar.

Dikutip dari laman resminya, Breached Forums mengeklaim saat ini telah memiliki lebih dari 90.000 anggota dengan total sekitar 250.000 postingan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top