News

Beneran Vaksin Booster Jadi Syarat Mudik Idul Fitri 2022?

Beneran Vaksin Booster Jadi Syarat Mudik Idul Fitri 2022?

Pemerintah disebut mewacanakan vaksin Covid-19 dosis lanjutan alias vaksin booster jadi syarat mudik pada libur Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah atau 2022 Masehi. Wakil Presiden Ma’ruf Amin menilai booster bisa menjadi parameter pra syarat seiring dengan dihapusnya hasil pemeriksaan COVID-19 sebagai syarat perjalanan sejak 8 Maret 2022 lalu.

“Dan kemudian juga booster. Bahkan nanti booster kita jadikan syarat kalau nanti orang mau mudik. Sehingga tak perlu lagi ada semacam di tes PCR atau di Antigen,” ujar Ma’ruf Amin di Bandung dalam rekaman suara yang dirilis oleh Setwapres, Senin (22/3/2022).

Selain mengungkapan rencana untuk menjadikan vaksin booster jadi syarat mudik 2022, Ma’ruf juga mengingatkan masyarakat agar segera melakukan vaksinasi lengkap primer alias dua dosis.

Lihat Juga: Omicron Masuk Indonesia, DPR Minta Banyak Hal

Vaksinasi, ujarnya, adalah salah satu upaya untuk mencapai kekebalan komunitas atau herd immumity dengan cara menciptakan antibodi terhadap virus Corona di tengah masyarakat.

Dia kemudian mengimbau masyarakat yang masuk dalam kategori warga lanjut usia (lansia) dan belum melakukan vaksinasi lengkap untuk segera mendapatkannya.

Di sisi lain, Ma’ruf menyebut bahwa pandemi COVID-19 di Indonesia sudah mulai menunjukkan penurunan kasus positif dan hampir bisa dikendalikan. Ia memberikan contoh bahwa protokol kesehatan di masjid saat ini mulai dilonggarkan karena kasus mulai menurun.

Walau begitu, Ma’ruf Amin meminta supaya penyelenggaraan ibadah tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat, seperti memakai masker dan mencuci tangan.

Secara terpisah, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy juga mengisyaratkan untuk memperbolehkan perjalanan mudik lebaran 2022. Meskipun, ia mengaku pemerintah masih meracik aturan terkait mudik tersebut.

Vaksin Booster Jadi Syarat Mudik 2022, Begini Penjelasan Kemenkes

Juru bicara vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI dr Siti Nadia Tarmizi, belum dapat berkomentar banyak wacana vaksin booster jadi syarat mudik 2022. Begitu juga dengan rencana vaksinasi booster sebagai pengganti tes antigen dan PCR.

Lihat Juga: 5 Panduan Pakai Masker untuk Mencegah Penularan Varian Omicron

Dia meminta publik untuk menunggu ketentuan yang akan dikeluarkan khusus lewat surat edaran. Sebelumnya, Menteri Kesehatan RI memberikan isyarat bahwa ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 2022 bisa lebih bebas dibanding tahun sebelumnya. Tetapi ketentuan tersebut diiringi dengan syarat cakupan vaksinasi booster yang terus ditingkatkan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top