News

Bentrok TNI vs Brimob di Papua, Ini Fakta-faktanya

Bentrok TNI vs Brimob di Papua, Ini Fakta-faktanya

Bentrok TNI vs Brimob di Papua saat ini telah kondusif. Kejadian yang melibatkan anggota TNI dari Satgas Nanggala Kopassus dan personel Polri dari Satgas Amola itu terjadi di Kabupaten Mimika, Papua. Bentrok terjadi sekitar pukul 18.08 WIT pada Sabtu (27/11/2021).

Dipicu Masalah Sepele

Keributan yang melibatkan personel TNI dan Brimob di Papua itu berawal dari kesalahpahaman perkara rokok.

“Pada hari Sabtu, tanggal 27 November 2021, berlokasi di Ridge Camp Pos RCTU Mile 72 tepatnya di depan Mess Hall, Timika, Papua, telah terjadi insiden kesalahpahaman antara personel Satgas Nanggala Kopassus dan Satgas Amole,” bunyi keterangan Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthafa Kamal, Senin (29/11/2021).

Ia menjelaskan kejadian bermula saat enam anggota Satgas Amole Kompi 3 yang tengah berjualan rokok di sekitar Pos RCTU Ridge Camp Mile 72. Lalu, sekitar 20 anggota Kopassus datang untuk membeli rokok yang dijual itu. Tetapi, anggota Kopassus komplain soal harga rokok tersebut.

Lihat Juga: Viral! Pertengkaran TNI AD dan AL Pecah di Kepulauan Riau

“Kesalahpahaman itu bermula dari enam anggota Satgas Amole Kompi 3 yang berada di Pos RCTU Ridge Camp Mile 72 yang tengah menjual rokok. Kemudian, datang anggota Nanggala Kopassus sebanyak 20 orang membeli rokok dan komplain terkait harga rokok yang dijual oleh anggota Amole Kompi 3 Penugasan,” jelasnya.

Libatkan Benda Tumpul-Sajam

Kamal menuturkan setelah komplain dari anggota Nanggala itu, personel Kopassus melakukan pengeroyokan kepada enam anggota Brimob tersebut dengan memakai benda tumpul dan tajam.

“Berikutnya, pengeroyokan dengan memakai benda tumpul dan tajam kepada enam anggota Amole Kompi 3 Penugasan,” kata Kamal.

Dari keterangan Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri, Senin (29/11/2021), bentrok TNI vs Brimob di Papua itu mengakibatkan enam personel Brimob luka-luka.

Meskipun situasi telah kondusif dan berdamai, namun tindakan tegas tetap diberikan kepada para personel yang terlibat dalam kejadian itu. Personel yang terlibat bentrok TNI vs Brimob di Papua itu tetap diproses disiplin oleh masing-masing satuan.

“Tindakan disiplin kepada mereka yang terlibat perkelahian akan tetap dijalankan,” ungkap Kamal.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top