News

Berbuntut Panjang, Keributan Diplomat Nigeria Dengan Petugas Imigrasi RI Kini Jadi Urusan Negara

Keributan Diplomat Nigeria-Imigrasi RI Kini Jadi Urusan Negara

Perkara antara petugas Imigrasi RI dan Diplomat Nigeria kini berbuntut panjang. Perkara ini pun jadi perhatian pemerintah Indonesia dan pemerintah Nigeria. Mulanya perkara ini diklarifikasi oleh perwakilan Duta Besar RI untuk Nigeria, Usra Hendra Harahap di Kementerian Luar Negeri Nigeria. Usra mendatangi Menlu Nigeria untuk menjelaskan duduk perkara tersebut.

“Duta Besar RI di Nigeria telah menjelaskan ke Menlu Nigeria terkait peristiwa itu,” ujar Jubir Kemlu RI Teuku Faizasyah kepada awak media, Selasa (10/8/2021) malam.

“(Pertemuan) di Kemlu Nigeria, tidak lazim lah Menlu ke KBRI,” jelasnya.

Dalam pernyataannya, Pemerintah Nigeria menuntut agar pejabat Imigrasi terkait diberikan sanksi. Namun, Pemerintah Nigeria tak berhenti begitu saja setelah mendapat penjelasan dari Dubes RI di Nigeria. Kementerian Luar Negeri melalui juru bicaranya, Esther Sunsuwa, dalam siaran pers virtual melalui akun Facebook resmi Kemlu Nigeria, di hari yang sama pemerintah Nigeria menyampaikan sikap atas kejadian itu.

“Pemerintah Nigeria menuntut sanksi yang sesuai kepada pejabat terkait dan sudah memanggil dubesnya di Indonesia untuk berkonsultasi, termasuk peninjauan hubungan bilateral,” ujar Sunsuwa, Rabu (11/8/2021).

“Setelah mempelajari laporan Dubes Nigeria, pemerintah Nigeria mengutuk keras yang sebetulnya adalah tindakan kejahatan internasional yang mengerikan oleh aktor negara Indonesia kepada perwakilan terakreditasi dari Republik Federal Nigeria. Sama sekali tak ada pembenaran serta bertentangan dengan hukum internasional,” sambungnya.

Lihat Juga: Arogansi Diplomat Nigeria: Sikut-Gigit Petugas Imigrasi

Respons Kementerian Luar Negeri Indonesia

Pemerintah Indonesia melalui Kemenlu pun ikut angkat suara. Jubir Kemlu Teuku Faizasyah mengatakan pemerintah Indonesia dan pemerintah Nigeria telah berkomunikasi untuk menyelesaikan perkara tersebut.

“Sebagai dua negara bersahabat, pemerintah Indonesia dan pemerintah Nigeria sudah bekomunikasi intensif untuk menyelesaikan perkara terkait dengan insiden diplomat Nigeria dengan petugas Imigrasi Indonesia,” kata Faizasyah.

Video Keributan Diplomat Nigeria Dan Petugas Imigrasi RI Viral

Insiden petugas Imigrasi Indonesia dan diplomat Nigeria yang berteriak ‘I can’t breathe’ tersebut sempat viral di medsos. Dalam rekaman itu terlihat seorang pria tengah dipegangi oleh beberapa orang yang berbicara menggunakan Bahasa Indonesia. Sebanyak tiga orang memegangi tangan dan kepala pria tersebut.

Pria yang diketahui merupakan diplomat Nigeria itu berteriak seolah kesakitan. Selain itu, ia juga terlihat berusaha meniru tragedy George Floyd di AS dengan berteriak ‘I can’t breathe!’ ketika kepalanya dipegangi.

Walaupun mengatakan tidak bisa bernapas, namun ia bisa berteriak keras. Tiga pria yang memeganginya pun terlihat cukup kewalahan. Menurut pihak Imigrasi RI, pria tersebut tidak kooperatif saat dimintai untuk menunjukkan kartu identitasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top