News

Berkerumun, Jakmania Diamankan Dari Bundaran HI

Berkerumun, Jakmania Diamankan Dari Bundaran HI

Polisi mengamankan sejumlah Jakmania yang berkerumun di Bundaran HI, Jakarta Pusat. Bahkan salah satu yang diamankan diketahui membawa ganja.

“Ada pula yang ketahuan membawa ganja, salah satu di antara mereka,” ucap Kombes Marsudianto, Karo Ops Polda Metro Jaya kepada awak media, Senin (26/4/2021).

Polisi mengamankan 63 orang pendukung Persija yang berkumpul di Bundaran HI, Jakarta Pusat. Salah satunya kedapatan membawa ganja.

“Ada juga yang kedapatan membawa ganja, salah satu di antara mereka,” kata Karo Ops Polda Metro Jaya Kombes Marsudianto kepada wartawan, Senin (26/4/2021).

Kombes Marsudianto menuturkan pihaknya menemukan barang bukti berupa satu linting ganja dari tersangka. Ia mengatakan barang bukti tersebut sempat hendak dibuang ketika petugas akan menghentikan para suporter Persija Jakarta itu.

“Waktu akan dihentikan dia membuang itu (ganja),” kata Marsudianto.

Selain melanggar protokol kesehatan, para pendukung Persija yang akrab disapa Jakmania itu juga ditindak karena pelanggaran knalpot bising. Mereka diamankan dibawa ke Polda Metro Jaya guna dimintai keterangan.

63 Orang Turut Diamankan

Lebih lanjut, Kombes Marsudianto menuturkan 63 orang suporter Persija yang diamankan tersebut masih sebagai saksi. Saat ini polisi masih melakukan penyelidikan terhadap pihak-pihak yang diduga mengundang Jakmania untuk berkerumun dan berkumpul di Bundaran HI semalam.

“Itu yang masih kami lakukan penyelidikan, apa memang terdapat pihak yang sengaja mengajak pendukung Jakmania untuk bersama berkumpul di Bundaran HI. Tentu yang pasti akibat aadanya berkumpul seperti ini telah melanggar PPKM. Saat ini pun masih berlaku dan itu pasti bakal menyebabkan cluster-cluster baru kembali,” kata Marsudianto.

Lihat Juga: Persija vs Geylang FC, Skor 3-1

Sebelumnya, Kombes Hengki Haryadi, Kapolres Metro Jakarta Pusat mengungkapkan mereka datang dari sejumlah tempat. Para pendukung yang berkumpul di Bundaran HI tersebut diketahui tak hanya datang dari Jakarta Pusat.

“Ada yang ditangkap, diamankan ke Polda Metro Jaya. Ada 63 orang yang telah diamankan,” terang Hengki.

Hengki mengatakan keprihatiannya atas kejadian tersebut. Karena para pendukung salah satu tim sepak bola asal Jakarta tersebut berkumpul di masa pandemi Corona yang belum berakhir. Bukan saja masalah menjaga jarak, sejumlah orang yang ikut berkerumun juga kedapatan tak mengenakan masker.

“Ini memprihatinkan, sebab berkumpul tidak bermasker. Jadi semalam ada 3 pilar telah membubarkan. Jumlahnya ribuan,” tuturnya.

Seperti diketahui, ribuan The Jakmania itu memadati kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat pada Minggu malam (25/4/2021). Mereka berkumpul untuk merayakan kemenangan Persija dalam laga Piala Menpora. Persija sendiri diketahui berhasil mengalahkan Persib dengan skor 2-1.

To Top