News

Berpulang, Rachmawati Soekarnoputri Positif COVID-19

Rachmawati Soekarnoputri Meninggal

Rachmawati Soekarnoputri tutup usia karena terpapar COVID-19, ia telah dinyatakan positif COVID-19 sejak akhir Juni lalu.

“Info yang kami dapat, mulai tanggal 26 Juni. Beliau dirawat di RSPAD akibat terpapar virus Corona,” ujar Ketua DPD Partai Gerindra Sumatera Barat Andre Rosiade, seperti dikutip dari detikcom, Sabtu (3/7/2021).

Rachmawati telah mendapat perawatan di RSPAD Gatot Subroto sejak 26 Juni lalu, saat itu kondisi saturasi Rachmawati 83 dan CT 22,6. Sebelumnya, Sufmi Dasco Ahmad, Ketua Harian Partai Gerindra mengabarkan berita duka berpulangnya Rachmawati Soekarnoputri. Ia meminta kepada rakyat Indonesia untuk mendoakan almarhumah.

“Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Ibu Rachmawati Soekarnoputri telah tutup usia pada jam 06.15 WIB,” ucap Dasco, Sabtu (3/7/2021).

Lihat Juga: Kabar Duka, Dalang Kondang Ki Manteb Sudarsono Wafat

Rachmawati Soekarnoputri Dimakamkan Berdampingan Dengan Makam Fatmawati

Meninggal dunia di usia 70 tahun, jenazah Rachamawati langsung dimakamkan hari ini (3/7/2021) di TPU Karet Bivak, bersebelahan dengan makam ibunya, Fatmawati. Hal ini dikonfirmasi oleh artis Anjasmara yang memiliki hubungan kerabat dengan mendiang. Menurut Anjasmara, almarhumah pernah berpesan untuk dimakamkan di samping ibunya ketika ia berpulang nanti.

“Ya, yang saya dengar seperti itu, jam 2 siang di Karet Bivak. Dahulu sih kalau tidak salah, almarhumah pernah berpesan begitu,” kata Anjasmara.

Anjasmara mengatakan, dari informasi awal yang ia dapat, Rachmawati Soekarnoputri akan dimakamkan di San Diego Hills, Karawang, Jawa Barat. Tetapi akhirnya tidak jadi.

“Tadi pagi saya dengar dari ajudan awalnya ingin di San Diego Hills. Tapi ada perubahan, jadinya di Karet Bivak di sisi makam ibu Fatmawati,” terangnya.

Pemilik nama lengkap Diah Pramana Rachmawati Soekarno ini adalah anak presiden pertama Republik Indonesia, Ir Soekarno. Ia lahir pada 27 September 1950 dan menempuh pendidikan SD dan SMP di Perguruan Cikini, Jakarta.

Kemudian, ia melanjutkan pendidikannya di SMA Santa Ursula, Jakarta dan dilanjutkan ke Universitas Indonesia Fakultas Hukum, walaupun tidak rampung. Semasa hidupnya, ia merupakan sosok yang lekat dengan dunia kesenian. Rachmawati Soekarnoputri mempelajari seni tari Jawa, Sunda dan Sumatera, walaupun akhirnya ia lebih banyak berkarier di dunia politik.

To Top