News

Biden Pecat Direktur VOA Yang Telah Bebas Tugaskan Koresponden Asal Indonesia

Biden Pecat Direktur VOA Yang Telah Bebas Tugaskan Koresponden Asal Indonesia

This post is also available in: English

Pemerintahan Presiden Joe Biden mengeluarkan beberapa pejabat tinggi di lembaga penyiaran VOA dan badan yang mengawasi penyiaran internasional yang didanai oleh AS. Para pejabat yang dikeluarkan oleh pemerintahan Biden tersebut merupakan pejabat yang memiliki kaitan dengan mantan Presiden Donald Trump, seperti yang dilansir dari Associated Press.

Langkah itu diambil untuk mengatasi kekhawatiran bahwa Badan Media Global AS (USAGM) dijadikan saluran propaganda pendukung Trump. Pada, Kamis (21/1/2021), diumumkan bahwa Direktur VOA Robert Reilly dan wakilnya Elizabeth Robibins telah dipecat dari jabatannya.

UASGM juga mengumumkan Kepala Kantor Penyiaran Kuba, Jeffrey Shapiro mengundurkan diri dari posisinya. Hal tersebut dilakukan berselang satu hari setelah pelantikan Presiden Joe Biden dan menuntut agar CEO USAGM yang dipilih oleh Trump, Michael Pack mengundurkan diri.

USAGM mengatakan, Reilly dipecat setelah beberapa pekan menjabat pada posisi tersebut. Sebelumnya, Reilly sempat dikritik keras karena menarik penempatan koresponden VOA Indonesia, Patsy Widakuswara, dari Gedung Putih.

Patsy dibebastugaskan dari penempatannya di Gedung Putih usai mencecar beberapa pertanyaan kepada Menlu AS, Mike Pompeo. Saat itu, Patsy bertanya apakah Pompeo menyesal telah mengatakan akan ada pemerintahan kedua Trump setelah Biden terlihat memenangkan pemilu.

Lihat Juga: Joe Biden, Presiden Amerika Serikat Setelah Menang Di Pemilihan Presiden AS 2020

Dua pejabat yang mengetahui hal tersebut mengatakan, Reilly dan Robbind keluar dari markas VOA dengan kawalan penjaga keamanan. Para pejabat tersebut berbincang dengan Associated Press dengan syarat anonim.

Sementara itu, Shapiro yang baru saja ditunjuk untuk fokus pada Kuba Radio dan TV Marti diketahui mengundurkan diri atas permintaan pemerintahan Joe Biden. Sedangkan, Pack diberitakan mengundurkan diri sebagai CEO USAGM beberapa jam saja setelah pelantikan Joe Biden sebagai Presiden Amerika Serikat.

Setelah pengunduran dirinya, Gedung Putih segera mengumumkan USAGM akan dipimpin sementara oleh jurnalis senior VOA, Kelu Chao. Sebelumnya, Pack sempat menghebohkan publik dengan mengambil alih agensi tersebut pada 2020.

Selain itu, ia juga mengeluarkan dewan dari seluruh outlet penyiaran di bawah kendalinya serta memimpin jaringan siaran individu. Tindakannya tersebut menuai kritik tajam karena mengancam independensi lembaga penyiarah di bawah USAGM.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top