News

Bikin Jaksa Keheranan, Ini Peran Lin Che Wei Dalam Kasus Korupsi Minyak Goreng

Kejagung baru menetapkan tersangka baru dalam kasus korupsi ekspor crude palm oil (CPO) alias bahan baku minyak goreng, Lin Che Wei (Weibinanto Halimdjati) membuat jaksa keheranan.

Pasalnya, Lin Che Wei diduga kerap ikut dalam rapat penting di Kementerian Perdagangan (Kemendag), padahal statusnya di Kemendag tak diketahui jelas.

“Yang jelas status dia kita nggak tahu di Kemendag sebagai apa dia di (Kementerian) Perdagangan tapi kok dia dilibatkan dalam setiap ada dalam rapat penting CPO,” kata Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Febrie Adriansyah di kantornya, Selasa (17/5/2022).

Punya Hubungan Khusus dengan Daglu

Menurut Febrie, Lin Che Wei sudah pasti mempunyai hubungan khusus dengan Indrasari Wisnu Wardhana yang sebelumnya merupakan Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri (Daglu) di Kemendag. Wisnu sendiri telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus ini.

Lihat Juga: Dirjen Perdagangan Luar Negeri Resmi Jadi Tersangka Kasus Kelangkaan Minyak Goreng!

Siapa Dibalik Lin Che Wei Bisa Ikut Tentukan Kebijakan Kemendag?

Jaksa Agung ST Burhanuddin mengatakan Lin merupakan pihak luar Kemendag tapi ikut aktif dalam pengambilan kebijakan prosedur pendistribusian minyak goreng. Kejagung berjanji bakal mengusut pihak di balik keterlibatan Lin Che Wei alias Weibinanto Halimdjati.

Febrie menyebut kini penyidik telah mengantongi barang bukti keterlibatan Lin. Ia yakin perbuatan Lin melawan hukum. Penyidik juga tengah mendalami mengenai keuntungan yang diperoleh Lin.

Ikut Campur Dalam Kebijakan Ekspor Minyak Goreng

Burhanuddin mengungkapkan bahwa Lin ikut mengatur kebijakan tentang izin ekspor minyak goreng. Padahal, Lin adalah pihak swasta tanpa kontrak maupun surat keputusan.

“LCW ini adalah orang swasta yang direkrut oleh Kementerian Perdagangan tanpa surat keputusan dan tanpa suatu kontrak tertentu tetapi dalam pelaksanaannya, dia ikut menentukan kebijakan tentang peredaran prosedur tentang distribusi minyak goreng,” jelas Burhanuddin kepada awak media, Rabu (18/5/2022).

Lihat Juga: Indrasari Wisnu Wardhana, Dirjen Perdagangan Luar Negeri yang Jadi Tersangka Kasus Ekspor Minyak Goreng

Ia juga mengatakan Dirjen Daglu Kemendag saat itu selalu mendengarkan gagasan yang dilontarkan Lin.

Ada Bukti Digital

Burhanudin menyampaikan pihaknya memiliki alat bukti yang kuat terkait keterlibatan Lin dalam kasus ini. Kejagung mempunyai bukti digital.

Lihat Juga: Heboh Info Korupsi Migor Ongkosi Penundaan Pemilu, Apa Benar?

Burhanuddin juga mengatakan, dirinya menduga Lin Che Wei sudah terlibat di Kemendag semenjak dibentuknya struktur menteri baru. Ia menduga Lin ada di lingkaran Kemendag sejak Januari 2022 lalu.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top