News

BLT BBM Cair Rp 8,1 Juta! 461 Daerah Terima Manfaatnya, Cek Penerimanya Disini!

BLT BBM

BLT BBM sudah cair sejak awal September 2022. Pencairan tersebut untuk tahap pertama dan nantinya masih ada tahap kedua pencairan BLT BBM. Bansos ini akan terdiri atas Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) dan BLT Dana Desa.

BLT BBM sudah cair sejak awal September 2022. Pencairan tersebut untuk tahap pertama dan nantinya masih ada tahap kedua pencairan BLT BBM. Bansos ini akan terdiri atas Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) dan BLT Dana Desa.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan, jika pemerintah hingga saat ini sudah menyalurkan bantuan langsung tunai bahan bakar minyak (BLT BBM) kepada penerima manfaat di 461 kabupaten/kota yang ada di seluruh Indonesia.

Pernyataan tersebut disampaikan Jokowi, yang didampingi Iriana Jokowi, saat meninjau penyerahan bantuan sosial di Kantor Pos Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru, Kamis (15/9/2022).

“Sampai hari ini pemerintah telah membagikan 8.179.000 (orang) dan sudah naik pada angka 461 kabupaten dan kota. Kalau kemarin 431 sekarang 461, lompatannya cepat sekali,” kata Jokowi.

Presiden berharap kecepatan pembagian BLT BBM akan berdampak baik pada daya beli masyarakat sehingga perekonomian nasional tetap terjaga.

“Kita harapkan dengan kecepatan pembagian BLT BBM ini, daya beli rakyat, konsumsi rakyat tidak turun,” lanjutnya.

Selain BLT BBM, Jokowi juga menyerahkan bantuan lain berupa sembako dan BLT kepada peserta program keluarga harapan (PKH).

Turut mendampingi Jokowi dan Iriana di Kantor Pos yaitu Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, dan Bupati Kepulauan Aru Johan Gonga.

BLT BBM Akan Dibagi Menjadi 2 Gelombang

Menteri Sosial Tri Rismaharini menerangkan, mekanisme penyaluran dibagi ke dalam dua tahap selama 4 bulan. Di mulai September hingga Desember 2022 mendatang dengan nominal Rp 150.000 per bulan. BLT BBM akan diberikan sebanyak 2 kali artinya, setiap 2 bulan penerima akan menerima BLT sebesar Rp 300.000.

“Ini 2 bulan (September-Oktober) diterima di depan (September). Nah, nanti yang 2 bulan lagi (November-Desember), kita akan salurkan Bulan Desember, termasuk BPNT/Sembako Rp200 ribu. Jadi, mereka rata-rata terima Rp500 ribu (pada Bulan Desember),” katanya, Kamis (15/9/2022).

Pemerintah juga akan memberikan bansos tambahan untuk menjawab permasalahan masyarakat terkait kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) yakni Bantuan Langsung Tunai (BLT) BBM dan Bantuan Subsidi Upah (BSU) yang masing-masing sebesar Rp600.000.

Sementara itu PKH ditujukan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) seperti keluarga miskin, keluarga rentan miskin, ibu hamil, penyandang disabilitas, balita, siswa dan lansia. Sedangkan BNPT dibagikan dalam wujud uang tunai sebesar 200 ribu setiap bulan dalam 12 kali angsuran.

Sebelumnya, pemerintah mengumumkan kenaikan sejumlah BBM bersubsidi, yakni Pertalite dan Solar, serta pertamax pada Sabtu (3/9/2022) silam. Pengumuman tersebut disampaikan Menteri ESDM Arifin Tasrif, sejam sebelum harga BBM naik.

Dampak kenaikan BBM tersebut makin dirasa berat oleh kalangan warga menengah ke bawah yang hingga saat ini masih terimbas Pandemi Covid-19.

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini pun menjamin jika bansos BLT BMM 2022 akan tepat sasaran karena telah dilakukan pemutakhiran Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan aplikasi cek bansos untuk mengecek kepesertaan.

“DTKS semakin kredibel dan akuntabel. Apabila ada masyarakat yang tidak menerima karena dihalangi oleh RT,  bisa masuk di cekbansos,” ujar Mensos Risma dalam diskusi daring Forum Merdeka Barat 9 (FMB9), bertema Alih Subsidi BBM, Bansos Topang Masyarakat Miskin.

Lebih lanjut, Risma menyarankan kepada masyarakat untuk segera melakukan pengecekan lewat Aplikasi Cek Bansos. Lalu masuk ke usul sanggah.

Jika calon penerima manfaat dinyatakan berhak menerima bansos, Kemensos akan memproses pendamping dan setiap bulan pihaknya rutin rapat bersama aparat penegak hukum (APH) seperti Kejagung, KPK, BPKP, Bareskrim Polri untuk melakukan pengecekan.

Baca juga: Ada Gelombang Demo Kenaikan BBM, Begini Respons Jokowi

BLT BBM

Cara Cek BLT BBM Lewat Cekbansos.kemensos.go.id

Masyarakat dapat melakukan pengecekan apakah telah terdaftar sebagai penerima dalam bantuan dari Kemensos tersebut melalui laman www.cekbansos.kemensos.go.id. Anda dapat mengecek daftar penerimanya melalui browser dengan koneksi internet yang lancar. Pastikan Anda telah menyiapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk melakukan pengecekan melalui laman tersebut.

Cara Cek Penerima BLT September 2022

  1. Pertama, buka laman www.cekbansos.kemensos.go.id
  2. Setelah itu masukkan nama provinsi, kabupaten, kecamatan dan keluaran/desa sesuai yang tertera pada Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  3. Selanjutnya masukkan nama sesuai dengan KTP
  4. Kemudian Anda dapat mengetikkan kembali 8 huruf kode sesuai yang tertera pada kotak kode dengan benar
  5. Klik cari data dan laman tersebut akan menampilan data penerima bansos. Apabila Anda terdaftar sebagai penerima BLT, maka nama akan tertera pada website tersebut. Jika tidak, maka nama Anda tidak tercantum dalam website tersebut. 
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top