News

Bonek Ngamuk, Habis Dilibas RANS Bonek Rusuh di Gelora Delta Sidoarjo

BONEK NGAMUK

Bonek ngamuk, kekalahan berturut-turut dicatatkan Persebaya Surabaya seusai ditekuk 1-2 RANS Nusantara FC di laga pekan ke-10 Liga 1 2022/2023, Kamis (15/9) petang, membuat pendukungnya kecewa.

Bonek ngamuk, kekalahan berturut-turut dicatatkan Persebaya Surabaya seusai ditekuk 1-2 RANS Nusantara FC di laga pekan ke-10 Liga 1 2022/2023, Kamis (15/9) petang, membuat pendukungnya kecewa.

Di tribun para supporter sudah mulai menyanyikan “Lak gak seri kalah, lak gak seri kalah, kapan menange?” (Kalau tak seri kalah, kapan menangnya) bergema ke penjuru stadion GDS.

Sempat memimpin 1-0 atas Rans Nusantara FC di babak pertama, namun keunggulan Green Force itu tidak bertahan lama setelah di babak kedua tim tamu membobol dua gol lewat dari Edo Febriansah (’66 dan ’88). Kondisi ini membuat Bonek mlempem.

Kekalahan dari RANS Nusantara FC ini, merupakan yang ketiga kali secara beruntun yang didapat oleh Persebaya selama berlaha di BRI Liga 1.

Bonek ngamuk dan meluapkan kekesalannya dengan performa Tim Bajol Ijo itu dengan masuk ke dalam lapangan. Mereka memprotes ke jajaran pelatih dan pemain. Beberapa suporter bonek ngamuk mulai mengejar para pemain, pelatih dan manajemen tim di dalam lapangan.

Kronologi Bonek Ngamuk

Bonek kemudian kian meluapkan emosi kekalahan tim kesayangan mereka tersebut dengan merangsek menjebol pagar dan masuk ke dalam lapangan. Mereka mulai melakukan aksi protes pada Tim Bajol Ijo. Mereka juga mulai merusak fasilitas stadion, mulai bench pemain, bench pemimpin pertandingan, hingga papan iklan di pinggir lapangan semuanya dirusak.

Gagal mendekati para pemain di lapangan, karena petugas keamanan sigap menghalau suporter yang marah, Bonek juga sempat mengepung pintu keluar para pemain, dan berteriak agar para pemain menemui supporter saat itu juga.

Berawal dari beberapa suporter yang ada di tribun timur masuk ke lapangan. Mereka berlari ke arah bench pemain Persebaya. Petugas keamanan mencoba menghalangi, tetapi banyaknya suporter yang masuk membuat petugas kewalahan.

Aksi dari sebagian suporter itu memantik reaksi suporter yang lain. Bukan sekadar merangsek masuk ke tengah lapangan, pagar pembatas stadion pun dirobohkan dan menjadikan gelombang suporter yang masuk ke lapangan makin banyak.

Ratusan suporter itu kemudian merusak A-board yang ada di pinggir lapangan. Mereka terlihat berteriak protes ke manajemen Persebaya. Pemain dan manajemen beruntung sudah diamankan dan masuk ke dalam ruang ganti, suporter pun meluapkan kekesalannya dengan membalikkan bench pemain.

Dua bench tampak terguling akibat ulah oknum suporter tersebut. Sampai saat ini, aksi protes terus dilontarkan suporter di dalam stadion. Di luar stadion pun terlihat protes juga dilakukan menyusul hasil buruk Persebaya Surabaya.

Beruntung dengan pengawalan ketat dari Kepolisian, para pemain Persebaya akhirnya bisa keluar dari stadion dengan menggunakan bis untuk kembali ke mess para pemain.

Redam Bonek Ngamuk: Aji Santoso Siap Tanggung Jawab

Bonek Ngamuk

Dengan adanya kekecewaan Bonek Mania, Pelatih Persebaya Aji Santoso menyadari hal itu. Aji Santoso mengaku bertanggung jawab atas rentetan hasil negatif Persebaya. Terlebih pada laga terakhir melawan RANS.

”Saya bertanggung jawab dengan hasil ini. Kontrak saya sampai 2024,” kata Aji Santoso dalam sesi jumpa pers usai pertandingan, Kamis (15/09/2022).

”Apapun yang menjadi keputusan manajemen, saya harus bertanggung jawab. Karena ini memang saya sebagai head coach,” tegas pelatih asal Kepanjen, Kabupaten Malang tersebut. 

Akan tetapi, Aji Santoso mengingatkan Persebaya dalam kondisi yang kurang ideal ketika menghadapi RANS. Dia pun meminta berbagai pihak melihat kondisi Bajul Ijo dari berbagai sudut pandang.  

“Kekecewaan suporter-suporter saya sadari (karena) kalah. Ini pemain belakangnya baru semua, tidak ada pemain seperti Lelus dan Ridho, di belakang perlu perhatian lebih,” ujar Aji saat konferensi pers.

”Tentunya harus dilihat juga, banyak sisi, banyak aspek. Tapi yang jelas saya sebagai head coach, saya bertanggung jawab,” lanjutnya.

Informasinya, Bonek juga akan menyerbu Kantor Official Persebaya di Sutos malam ini juga. Bonek nampak benar-benar geram dengan performa anak asuh AJi Santoso dalam beberapa pertandingan terakhir ini.

Baca juga: Demi Kemajuan Sepak Bola Indonesia, Michael Owen Sarankan Hal Ini

Atas Insiden Bonek Ngamuk, Persebaya Siap-Siap Kena Sanksi PSSI

Tentu ini akan menjadi beban tersendiri bagi Persebaya Surabaya, sudah harus menelan kekalahan. Dengan ulah Bonek ngamuk ini Persebaya hampir bisa dipastikan akan mendapat sanksi dari Komdis PSSI. Sebagai tuan rumah, panitia pelaksana pertandingan Persebaya tidak bisa menjamin jalannya pertandingan dari awal hingga usai berjalan dengan aman dan lancar.

“Iya (sanksi), pastinya jadi laporan ke Komdis (Komdis PSSI),” ujar Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, Kamis (15/9/2022)

Suporter Persebaya juga berpeluang mendapat sanksi, seperti tidak boleh mendampingi tim dalam sejumlah laga kandang dan tandang. Mengenai hal ini LIB tak ambil bagian karena merupakan wilayah Komdis PSSI.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top