News

BPIP Ajak Guru Bangun Pelajar Pancasila

BPIP Dorong Pengaplikasian Pancasila

BPIP atau Badan Pembinaan Ideologi Pancasila mengajak para guru kreatif untuk membangun pelajar memahami Pancasila. Dikarenakan 70 persen siswa SMA tidak paham dengan nilai-nilai Dasar Negara Indonesia.

BPIP mengatakan hasil riset kapada siswa SMA tentang Pendidikan Pancasila memperlihatkan bahwa 70 persennya tidak memahami Pancasila. Untuk itulah, agar bisa membangun Pelajar Pancasila maka guru pun harus kreatif dalam menyusun atau menggunakan bahan ajar. Sesuai pernyataan Aris Heru Utomo yang merupakan Direktur Standarisasi Materi dan Metode Aparatur Negara BPIP.

“Dalam menyusun bahan ajar, guru harus memahami Peta Jalan Pendidikan Indonesia 2020-2035. Arah Peta Jalan Pendidikan Indonesia yaitu membangun Pelajar Pancasila yang memiliki profil beriman, bertakwa kepada TYE, bernalar kritis, mandiri, bergotong royong, berkebhinekaan global, berakhlak mulia, dan kreatif,” ujar Aris. Sabtu (28/11/2020)

Aris juga mengatakan, sejalan dengan berlangsungnya Revolusi Industri keempat pasti akan muncul perubahan di masyarakat. Maka, para guru tidak bisa berdiam diri. Para guru tersebut harus bisa beradaptasi dengan perkembangan untuk memastikan tujuan Pendidikan Indonesia tercapai.

“Dalam menyusun bahan ajar agar lebih bervariatif, guru bisa mempertimbangkan minat yang kini berkembang di kalangan pemuda yang saat ini berjumlah sekitar 125 juta jiwa. Menurut hasil survei, minat generasi milenial umumnya pada kegiatan olahraga, musik, atau film,” tambah Aris.

Baca Juga: Tema Dan Logo Hari Guru Nasional 2020

Saat ini BPIP tengah menyiapkan materi , metode pembinaan dan bahan ajar pembinaan ideologi yang harapannya dapat segera digunakan oleh dunia pendidikan Indonesia dalam waktu dekat.

Para guru juga mengharapkan adanya pembekalan melalui pelatihan dan pendidikan tentang Pancasila. Pengurus Pusat dan Wilayah Pergunu mengaku siap membantu koordinasi dan memberdayakan guru yang menjadi anggotanya sejumlah 600 ribu orang di seluruh Indonesia.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top