News

Cak Imin Bersedia Gabung Koalisi Indonesia Bersatu, Tapi Ada Syaratnya…

Cak Imin Bersedia Gabung Koalisi Indonesia Bersatu

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengaku partainya siap bergabung bersama Koalisi Indonesia Bersatu. Namun, ia mengisyaratkan bahwa dirinya harus jadi calon presiden (capres) dalam koalisi yang dideklarasikan Golkar, PAN dan PPP itu.

“Saya siap bergabung asal capresnya saya,” kata Cak Imin kepada awak media setelah silaturahmi dengan sejumlah tokoh ulama di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (22/5/2022).

Dia mengatakan menyambut positif gagasan koalisi tersebut. Cak Imin menyampaikan PKB terbuka untuk menjalin komunikasi dengan partai mana pun menjelang Pemilu 2024. Walau begitu, ia menuturkan partainya belum menjalin komunikasi secara khusus mengenai pemilu, termasuk dengan Koalisi Indonesia Bersatu.

“Kita terus menjalin komunikasi di DPR. Tapi secara khusus belum. Kita terbuka,” ucap Wakil Ketua DPR RI itu.

Dalam kesempatan tersebut, Cak Imin menyebut saat ini banyak dukungan dari berbagai pihak, terutama dari warga Nahdliyin yang ingin dirinya maju sebagai capres di Pemilu 2024.

Dalam beberapa waktu terakhir, diketahui ia mulai rajin melakukan safari politik ke berbagai daerah untuk mengumpulkan dukungan. Dirinya menyebut akan terus berikhtiar agar bisa maju di Pilpres 2024.

Lihat Juga: Hubungan Cak Imin dan PBNU Menghangat, Suara PKB Berpotensi Tergerus di Pemilu 2024

Di sisi lain, PKB kini mempunyai modal sekitar 10% sehingga perlu tambahan sekitar 10% lagi di kursi parlemen untuk mengusung capres.

“Dalam survei-survei terakhir kita sudah di posisi 2, bersaing dengan Gerindra. Kita berharap pada 2024 nanti, kita minimal bisa merebut juara dua, syukur bisa terus melaju,” tuturnya.

Bima Arya Sebut Ridwan Kamil Kandidat Capres Koalisi Indonesia Bersatu

Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Bima Arya Sugiarto menyebut Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Kang Emil) adalah kandidat yang akan diusung sebagai capres oleh Koalisi Indonesia Bersatu.

Kata Bima, koalisi tersebut telah memasukkan nama Ridwan Kamil dalam bursa calon capres yang akan mereka usung.

“Koalisi bertiga iya. Ya koalisi bertiga itu Kang Emil masuk bursa,” ujar Bima dikutip dari Antara, Kamis (19/5/2022).

Lihat Juga: Golkar-PAN-PPP Bentuk Koalisi Indonesia Bersatu Jelang Pemilu 2024

Ia menjelaskan bahwa PAN mempunyai hubungan dengan Kang Emil. PAN, lanjutnya, mendukung program-program kerja yang dijalankan oleh Ridwan Kamil.

Bima juga mengatakan bahwa Kang Emil memiliki elektabilitas terbilang tinggi sebagai kandidat capres. Pengalamannya di lingkungan pemerintah pun cukup mumpuni.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top