News

Alasan Tunda Pemilu Demi Tolong Ma’ruf Amin, Cak Imin Dikritik Sana-sini

Alasan Tunda Pemilu Demi Tolong Ma’ruf Amin, Cak Imin Dikritik Sana-sini

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menyampaikan alasannya menggaungkan penundaan pemilu untuk menolong Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Menanggapi hal itu, Cak Imin dikritik sana-sini.

Adalah Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menyebut alasan Cak Imin asal-asalan dan semakin aneh. Menurut dia, Cak Imin kehabisan stok argumen untuk mendukung penundaan pemilu.

“Muhaimin mulai kehilangan akal membangun argumen terus mendukung penundaan pemilu. Jadi, alasannya makin aneh dan terkesan asal. Kemarin, alasan karena stabilitas ekonomi, hari ini demi selamatkan kiai Ma’ruf di akhirat. Entah besok apa lagi, yang jelas mulai kelihatan kehabisan stok argumen dukung penundaan pemilu setelah tegas ditolak Presiden,” kata Adi, Selasa (19/4/2022).

Adi mengatakan apabila Cak Imin hanya berniat guyon, pernyataannya sama sekali tidak lucu. Menurut dia, seorang kiai tidak pantas dijadikan bahan guyonan.

“Jikapun Muhaimin ingin bercanda ingin selamatkan kiai Ma’ruf tapi itu guyonan tak lucu, cenderung dipaksakan. Menjadikan seorang kiai bahan lelucon itu dosa besar. Dosa akhirat tak bisa diselamatkan siapapun, kecuali yang bersangkutan,” paparnya.

Lebih lanjut, Adi menilai Cak Imin mulai kehilangan muka setelah usulan penundaan pemilu ditolak Presiden Joko Widodo (Jokowi). Padahal, tambah dia, PAN dan Golkar sudah tidak lagi menyuarakan penundaan pemilu.

“Muhaimin sepertinya mulai kehilangan muka setelah gagasan penundaan pemilu 2024 ditolak Presiden dan ditolak mayoritas rakyat. Golkar dan PAN mulai ‘kembali ke jalan yang benar’, tak lagi aktif dukung penundaan. Sementara Muhaimin terus mencari alasan pembenaran penundaan pemilu. Makanya, alasannya terkesan dibuat-buat,” lanjutnya.

Namun, kata Adi, Cak Imin tampak tidak ingin kehilangan muka setelah usulan penundaan pemilu ditolak. Oleh karenanya, petinggi PKB itu membangun argumen pembenaran terkait penundaan pemilu.

“Muhaimin ingin tunjukkan ke publik bahwa usul penundaan pemilu bukan sesuatu yang haram. Meski ditolak sana sini, Muhaimin terus aktif mencari argumen pembenaran penundaan. Intinya, Muhaimin tak mau kehilangan muka. Muhaimin pasti sadar betul usul penundaan tak mungkin terjadi, tapi terus membangun argumen penundaan sekalipun ditertawakan publik,” tandasnya.

PKS: Tak Elok Ma’ruf Amin Dijadikan Alasan Penundaan Pemilu

Di sisi lain, Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera juga mengkritik alasan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menyuarakan penundaan pemilu karena menolong Ma’ruf Amin. Mardani menuturkan tidak elok seseorang dijadikan alasan dalam mengusulkan penundaan pemilu.

“Tidak elok satu orang dijadikan alasan, tidak boleh satu orang, siapapun dan kedudukannya apa, membuat bangsa ini tidak disiplin melaksanakan agendan pembangunannya,” ujar Mardani, Selasa (19/4/2022).

Petinggi PKS itu meyakini Ma’ruf Amin tertib beramal. Dia menambahkan Wakil Presiden tidak butuh ditolong Cak Imin sebagaimana yang dijadikan alasannya dalam menggaungkan penundaan pemilu.

“Saya yakin kiai Ma’ruf pasti tertib amal. Kita semua jaga dan taat konstitusi. Kita mesti disiplin melaksanakan agenda nasional, termasuk pemilu. Semua fokus menyiapkan pemilu 2024,” sambungnya.

Alasan Cak Imin Pengin Tolong Ma’ruf Amin

Untuk diketahui, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menyampaikan alasannya menyuarakan penundaan pemilu. Cak Imin menyebut demi menolong Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan rakyat.

“Saya itu usul (penundaan pemilu) dalam rangka menolong kiai Ma’ruf Amin, dalam rangka menolong rakyat. Kenapa menolong kiai Ma’ruf? Supaya nanti kalau di akhirat ditanya kurang ini kurang itu. Mesti alasannya ya karena dua tahun pandemi nggak bisa apa-apa,” kata Cak Imin, Selasa (19/4/2022).

“Untuk (menolong) rakyat juga ngomongnya begini, oh kurang ini kurang itu, pemerintah kurang ini kurang itu. Itu kan ada pandemi dua tahun. Dua tahun stuck nggak ngapa-ngapain,” lanjutnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top