News

Canggih!! Cara Warga Negara Bulgaria Bobol ATM di Bali

Portal Berita

Warga Negara Bulgaria Yonko Ivanov, tertangkap oleh petugas saat menjalankan aksinya dalam mem-bobol Anjungan Tunai Mandiri ‘ATM’ BNI yang berlokasi di Nusa Dua – Bali (27/3).

Kompol Reinhard Nainggolan menjelaskan (5/4), bahwa Yanko Warga Negara Bulgaria merupakan jaringan sindikat yang berada di Bulgaria. Modus pem-bobolan mesin Anjungan Tunai Mandiri ‘ATM’ adalah mengambil data nasabah yang kemudian dia mengirimkannya ke kelompoknya di Bulgaria. modus ini masih kita dalami.

Penangkapan Pembobol Anjungan Tunai Mandiri ‘ATM’ dimulai dari kecurigaan petugas Bank BNI Denpasar terhadap ATM BNI di Hardy’s Nusa Dua. Serentak kecurigaan tersebut membuat petugas langsung melaporkan kepada PT SSI SO Denpasar II. Dan Perusahaan tersebut segera mendatangkan petugas untuk mengawasi ATM yang dicurigai akan dibobol.

Tidak dielakan dari kecurigaan tersebut, Warga Bulgaria ‘Yanko’ kemudian datang dan berniat mengganti kanopi keypad ATM tersebut. Aksinya pun diketahui oleh petugas yang langsung menangkapnya.

Pelaku diamankan di Mapolsek Kuta Selatan dan Selanjutnya diserahkan ke Polresta Denpasar untuk pengembangan lebih lanjut. Penangkapan tersebut petugas mendapatkan bukti berupa keypad ATM.

Warga Bulgaria dalam aksinya membobol ATM dibilang cukup canggih, dia melepas pindai angka-angka di mesin ATM yang biasa dipakai nasabah untuk menekan nomor PIN saat bertransaksi. dan keypad tersebut telah dipasang alat perekam pada bagian bawah tombol. Alhasil saat nasabah melakukan transaksi dan menekan tombol keypad, alat tersebut langsung merekamnya. dan Bukan hanya Nomor PIN saja, tetapi semua data nasabah juga terekam.

Tidak hanya keypad electro saja yang disita polisi setempat, sejumlah barang bukti lain seperti Router beserta kabel, Iphone, Dua Kartu Visa Alianz dengan No.4244 6800 0053 **** dan 4333 7604 6137 ****, Identitas pelaku atas nama ‘Yanko Ivanov’, Driving Licence , keypad polos, Pasport, dan sejumlah uang dengan mata uang Indonesia dan Euro.

Baca Juga : Spesialis Pembobol ATM Diringkus Polisi

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top