News

Capres dari PDIP Bisa Diunggulkan di Pilpres 2024?

Capres dari PDIP Bisa Diunggulkan di Pilpres 2024?

Pendiri Lembaga Survei KedaiKOPI Hendri Satrio berbicara soal kemungkinan PDIP mengusung capres di Pilpres 2024. Hendri menilai capres yang diusung PDIP bisa diunggulkan di Pilpres mendatang.

Hendri mulanya menyebut Megawati Soekarnoputri bisa saja menjadi capres 2024 dari PDIP. Mengingat, Megawati yang merupakan Ketua Umum PDIP memiliki kewenangan menentukan dirinya sendiri sebagai capres 2024.

“Peta Pilpres hari ini, sebetulnya kan per hari ini ya, yang pasti bisa calon itu cuma satu orang, namanya Megawati Soekarnoputri. Karena, sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan, dia bisa menentukan sendiri siapa capres dari PDI Perjuangan,” papar Hendri, Minggu (12/12/2021).

Pengamat politik itu mengatakan PDIP bisa ‘berdiri sendiri’ di 2024 tanpa menggandeng partai koalisi. Ini menjadi keistimewaan PDIP, menurut dia, yang tidak dimiliki oleh partai-partai lainnya.

“Kemudian yang kedua, PDI Perjuangan ini bisa sendirian. Nggak harus sama partai lain untuk berkoalisi. Jadi kalau per hari ini yang bebas menentukan itu adalah PDI Perjuangan. Sehingga, hampir pasti calon Presiden PDI Perjuangan, siapa pun itu, akan bisa masuk ke kancah Pilpres 2024. Yang lain sangat tergantung dengan partai politik,” sambungnya.

Hendri lantas merujuk berbagai hasil survei terkait Pilpres 2024, termasuk hasil survei dari KedaiKOPI. Dia menyimpulkan calon yang diusung PDIP bisa diunggulkan di Pilpres mendatang.

“Per hari ini, memang kalau kita lihat dari berbagai hasil survei, termasuk hasil survei KedaiKOPI, PDI Perjuangan bisa diunggulkan, termasuk calon-calon dari PDI Perjuangan,” terang Hendri.

Tokoh Pontensial Capres 2024 Harus Dapat ‘Tiket’ dari Partai

Lebih lanjut, Hendri mengatakan deretan tokoh pontensial menjadi capres 2024 akan terhalang langkahnya untuk maju di Pilpres mendatang apabila tidak mendapatkan ‘tiket’ dari pasti. Jadi, kata Hendri, tokoh potensial capres 2024 itu tidak boleh hanya mengandalkan elektabilitas tinggi.

“Jadi, walaupun elektabilitas Ganjar atau Anies tinggi, tanpa blessing partai politik ini akan sulit maju di perhelatan Pilpres,” papar dia.

Hendri pun menekankan ketua umum partai adalah orang yang berhak menentukan siapa capres yang diusungnya di 2024 mendatang. Sehingga, lanjut dia, mereka menjadi pemegang tiket capres 2024.

“Maka, tokoh-tokoh seperti Prabowo Subianto, Airlangga Hartanto, Agus Harimurti Yudhoyono, Megawati Soekarnoputri, ini akan jadi unggulan untuk bisa masuk ke perhelatan Pilpres. Karena, suka tidak suka, merekalah pemegang tiket capres, yang bisa menentukan siapa kira-kira capresnya, yang akan diusung parpol tersebut,” tegas pengamat politik itu.

Melihat Hasil Survei Capres Terbaru dari Indopol

Kemarin Minggu (12/12/2021), Lembaga Survei Indopol merilis hasil survei terkait elektabilitas sejumlah tokoh yang berpotensial menjadi capres 2024. Hasil survei ‘top of mind pilihan presiden’ menunjukkan Ganjar Pranowo berada di posisi puncak dengan elektabilitas sebesar 1,98 persen.

Kemudian, posisi kedua diduduki oleh Prabowo Subianto dengan elektabilitas 13,98 persen. Adapun posisi ketiga dipegang oleh Anies Baswedan dengan elektabilitas sebesar 10,41 persen.

Di sisi lain, hasil survei ‘dinamika elektabilitas capres 2024 dengan pertanyaan semiterbuka’ yang juga dirilis oleh Indopol menunjukkan Prabowo Subianto mendapatkan elektabilitas tertinggi, yakni sebesar 17,24 persen. Adapun posisi kedua diduduki oleh Ganjar Pranowo dengan elektabilitas 17,15 persen dan di posisi ketiga ada Anies Baswedan sebesar 13,58 persen.

Lebih lanjut, hasil survei ‘dinamika elektabilitas cawapres 2024 dengan pertanyaan semiterbuka’ menunjukkan Sandiaga Uno menjadi cawapres dengan elektabilitas tertinggi, yakni 13,25 persen. Posisi kedua diduduki Anies Baswedan dengan elektabilitas 11,95. Dan, posisi tiga dengan elektabilitas 10,16 dipegang oleh Ganjar Pranowo.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top