News

Catat! Ini Syarat Dapat Subsidi Upah Rp 1 Juta

Syarat Mendapat Subsidi Upah

Bersamaan dengan keputusan diperpanjangnya masa PPKM darurat, pemerintah juga akan memberikan subsidi upah. Bantuan tersebut diperuntukkan bagi pekerja yang terdampak PPKM darurat, seperti dirumahkan atau pengurangan jam kerja.

Menaker (Menteri Ketenagakerjaan) Ida Fauziah menuturkan, kebijakan tersebut diambil sebagai respons terkait menurunnya kegiatan masyarakat yang berdampak pada daya beli buruh atau pekerja.

“Kami usulkan untuk memberi subsidi upah bagi pekerja yang terdampak. Nantinya subsidi ini payung hukumnya bakal kamu buat dalam peraturan Menteri Ketenagakerjaan. Kami usulkan bantuan pemerintah ini adalah program stimulus yang berkoordinasi bersama Komite PEN, Kemenkeu serta BPJS Ketenagakerjaan,” tutur Ida dalam keterangan pers terkait perpanjangan PPKM darurat, Rabu (21/7/2021).

Ada sejumlah syarat yang harus  dipenuhi oleh pekerja maupun buruh agar mendapat bantuan ini. Yaitu:

  1. Penerima adalah pekerja maupun buruh yang mendapat upah
  2. Pekerja harus terdaftar sebagai peserta jaminan sosial
  3. Penerima merupakan tenaga kerja aktif dan merupakan peserta BPJS Ketenagakerjaan hingga Juni 2021

Ida Fauziah memaparkan, dalam penyaluran bantuan subsidi upah tersebut pemerintah bakal mengacu pada data yang dimiliki oleh BPJS Ketenagakerjaan.

“Data BPJS Ketenagakerjaan ini jadi sumber sebab kami menilai kalau data ini yang terbaik yang bisa diakses serta dipertanggungjawabkan sampai saat ini,” ujarnya.

Lihat Juga: Hoaks! Dana Bantuan BPJS Rp 3.550.000

Bantuan tersebut juga diperuntukkan bagi pekerja maupun peserta BPJS Ketenagakerjaan yang mempunyai upah kurang dari Rp 3,5 juta. Nilai tersebut dilihat sesuai dengan laporan besaran upah yang dilaporkan pemberi kerja kepada BPJS Ketenagakerjaan.

“Dalam hal buruh bekerja di kawasan PPKM yang UMK-nya lebih dari Rp 3,5 juta maka memakai UMKM sebagai batas kriteria upah. Dan mempunyai rekening bank yang aktif. Serta kami usulkan hanya diberikan pada pekerja yang berada di level 4 sepert instruksi Mendagri,” sambungnya.

Pemerintah sendiri bakal menyalurkan bantuan tersebut dalam 2 bulan, di mana masing-masing senilai Rp 500.000. Bantuan tersebut bakal diberikan sekaligus yang berarti penerima bantuan upah bakal mendapat Rp 1 juta.

“Mekanisme pemberian bantuan subsidi upah diberikan ke pekerja maupun buruh senilai Rp 500.000 per bulan selama 2 bulan yang bakal diberikan sekaligus. Artinya satu kali pencairan dan pekerja bakal mendapat subsidi Rp 1 juta,” urainya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top