News

Siapa Cawapres yang Cocok Dampingi Anies Baswedan?

Siapa Cawapres yang Cocok Dampingi Anies Baswedan?

Partai NasDem telah mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai bakal capres yang diusungnya di Pilpres 2024. Lantas, siapa cawapres yang cocok mendampingi Anies Baswedan di Pilpres mendatang?

Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali menyebut tiga nama tokoh, yakni Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Panglima TNI Andika Perkasa dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

“Kalau kita memotret siapa-siapanya kan banyak anak bangsa. Ya contohnya ada Ridwan Kamil, ada Andika, ada Khofifah,” kata Ali, Jumat (7/10/2022).

Pemilihan cawapres, kata Ali, harus dilakukan dengan mempertingkan elektoral. Ali menyebut cawapres yang mendampingi harus mampu meningkatkan elektoralnya Anies Baswedan di Pilpres 2024 mendatang.

“Cawapres juga harus membantu pemenangan elektoralnya ya, membuat capres harus memiliki potensi untuk menambah elektoralnya. Siapa pun tokoh yang kemudian berpeluang membantu elektoralnya Anies, yang penting memenuhi kriteria kita” ungkapnya.

Meski begitu, Ali menegaskan NasDem saat ini belum fokus membahas siapa cawapres yang bakal mendampingi Anies. Dia menuturkan perihal cawapres nantinya dibahas bersama koalisi.

“Bagaimana mungkin kita bicara wapres sedangkan koalisi belum ada. Nah, koalisi ini salah satunya adalah menyatukan pandangannya kan, jadi itu kita harus bicarakan lebih awal hal-hal yang kemudian memudahkan capres kita untuk memilih wakilnya,” tegas Ali.

Cocokkah Sandiaga Jadi Cawapres Anies Baswedan?

Seperti diketahui, sebelumnya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno pernah menjadi wakil gubernur DKI Jakarta mendampingi Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta. Lantas, adakah peluang Sandiaga mendapingi Anies Baswedan di Pilpres 2024?

“Saya sampaikan Anies-Sandi kan ini sudah masa lalu 2017, sudah lewat. Dan, sekarang kita dalam tahapan Pemilu berbeda posisi. Karena, beliau (Anies) di gubernur dan akan menyelesaikan tugasnya, sementara saya sedang menjadi pembantu presiden. Jadi fokus saya menyelesaikan tugas di kementerian lanjut alih masalah ekonomi yang akan berpotensi resesi, inflasinya kita hadapi, harus kita berikan solusi,” tutur Sandiaga, Jumat (7/10/2022).

Sandiaga menegaskan dirinya bukan berarti menolak menjadi cawapres mendampingi Anies Baswedan di Pilpres mendatang. Dia menambahkan perihal capres dan cawapres bukan domainnya, melainkan diputuskan oleh partai politik.

“Jadi proses politik akan dijalani dan dinamika akan berjalan tapi partai politik yang akan menentukan. Bukan menolak (jadi cawapres Anies) tapi yang akan menentukan adalah partai politik. Jadi saya tegaskan menolak atau tidak menolak itu bukan domain saya, itu nanti akan putusannya oleh parpol,” tegasnya.

Lantas, siapkah Sandiaga dicalonkan di Pilpres 2024? Menparekraf itu menjawab siapa saja harus siap menghadapi segala kemungkinan.

“Di 2024 nanti akan ditentukan September 2023. Parpol akan melakukan kajian, penjajakan, itu domainnya partai politik saat bulan September difinalkan. Tentunya, siapa pun harus siap menghadapi segala kemungkinan,” sambung Sandiaga.

Anies Baswedan Capres NasDem

Untuk diketahui, sebelumnya Partai NasDem resmi mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai capres di Pilpres 2024. Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh membeberkan alasan memilih Anies.

“Inilah kenapa akhirnya NasDem melihat seorang sosok Anies Rasyid Baswedan. Kami mempunyai keyakinan pikiran-pikiran dalam perspektif baik secara makro maupun mikro, sejalan. Kenapa Anies Baswedan, jawabannya adalah why not the best,” ungkap Surya Paloh, belum lama ini.

Sementara itu, Anies Baswedan mengaku pernah ditawari menjadi capres di Pilpres 2019 silam sebanyak dua kali. Namun, dirinya menolak karena berkomitmen menuntaskan janjinya sebagai Gubernur DKI Jakarta selama lima tahun.

“Ada dua kali permintaan untuk menjadi capres, saya bilang tidak bersedia. Yang ini nggak pernah saya ceritakan. Kenapa? Karena saya janji untuk di Jakarta lima tahun. Dan, janji lima tahun itu kami pegang,” terang Anies, Jumat (7/10/2022).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top