News

Cegah Korupsi, Bupati Yahukimo Bagikan Uang Miliaran Rupiah Di Depan Ratusan Kades

Cegah Korupsi, Bupati Yahukimo Bagikan Uang Miliaran Rupiah Di Depan Ratusan Kades

Sebuah video tentang Bupati Yahukimo Papua yang membagikan setumpuk uang di depan ratusan kepala desa menjadi viral di media sosial. Uang miliaran rupiah tersebut dibagikan tanpa perantara bank maupun jajaran Pemerintah Yahukimo. Ia membagikannya secara langsung dengan tujuan agar tak ada pemotongan lagi.

“Uang ini tak boleh ada yang memotong lagi,” bunyi pernyataan Bupati Yahukimo Papua di video Instagram @undercover.id pada 17 April 2021.

Selain itu, ia juga memberikan penjelasan administratif pada seluruh kepala desa yang hadir. Ia berharap caranya tersebut dapat dicontoh oleh pejabat-pejabat yang ada di bawahnya. Melansir dari laman Pikiran Rakyat, ia meminta uang tersebut didistribusikan kepada 9 distrik yang ada.

Lihat Juga: Keputusan Lockdown Papua, Natalius Pigai: Pemerintah Pusat Jangan Asal Tolak!

“Jadi uang itu, harus didistribusikan ke 9 distrik di sini, wilayah. Uang itu tak boleh ada yang memotong,” paparnya.

“Kami lengkap, ada administrasinya lengkap. Jadi, ada Bank Papua, terdapat pengisian draf, draf ini isinya sesuai dengan petunjuk. Tak boleh keluar dari draf. Petunjuk harus diisi dan ini yang ada semua.”

“Uang ini saya sudah punya rekening di Bank Papua 517 kampung memiliki rekening, sudah ada ini. Slipnya kalian tanda tangani di sini,” terang Bupati Yahukimo sambil menunjukkan draf.

Dalam video tersebut memperlihatkan sang bupati sedang menjelaskan alasannya kepada warga yang hadir terkait aksinya yang membawa uang miliaran rupiah tersebut. Menurutnya, hal tersebut mempermudah kepala desa untuk menggunakan uang tersebut untuk pembangunan di wilayahnya.

Hingga video ini beredar, bupati Yahukimo dibanjiri pujian dari masyarakat, seperti yang diungkap oleh akun deddykingdom, “Ini pemimpin yang transparan. Mantap om,” tulisnya.

Pemilik akun d.leekidomaru pun mengungkapkan kekagumannya terhadap bupati Yahukimo Papua. “Ia berbicara tanpa pengeras suara, dan semua diam mendengarkan. Itulah sebenarnya pemimpin yang didengar dan diikuti oleh rakyat,” tulisnya dalam kolom komentar.

Singkatnya, ratusan komentar tersebut berisi pujian atas tindakan yang dilakukan oleh sang bupati Yahukimo Papua tersebut.

To Top