News

Cegat Pembawa Rokok Ilegal, Tim Bea Cukai Diserang Sekelompok Preman

Cegat Pembawa Rokok Ilegal, Tim Bea Cukai Diserang Kelompok Preman

Sejumlah orang tidak dikenal tiba-tiba menyerang petugas Bea Cukai Wilayah Riau saat mengejar pembawa rokok ilegal di Kota Pekanbaru pada Senin (19/4/2021) malam.

“Bertempat di Jalan Juanda, Kecamatan Senapelan, Kota Pekanbaru, petugas Bea Cukai Kantor Wilayah DJBC Riau diserang oleh orang tidak dikenal. Ketika melakukan pengejaran sasaran operasi yang diduga membawa rokok ilegal,” kata Hartono Sutarjo, Kabid Fasilitas Kepabeanan dan Cukai Kanwil DJBC Riau dalam pernyataan pers, di Kota Pekanbaru, Selasa (20/4/2021).

Ia menuturkan peristiwa itu berawal pada hari Senin (19/4/2021) pukul 21.00 WIB. Saat itu petugas penindakan dan penyidikan Kanwil DJBC Riau mendapat informasi dari masyarakat tentang adanya pembawa rokok ilegal mengendarai mobil berjenis Mitsubishi Xpander bernopol BM 1554 VH. Pada saat petugas BC melihat target operasi, petugas yang terdiri dari 3 tim tersebut mencoba untuk menghentikan target tersebut.

Tim membuntuti target dan berhasil menghadang mobil target di Jalan Juanda, Pekanbaru sekitar pukul 23.00 WIB.

Lihat Juga: Cukai Rokok Naik Tahun Depan, Ini Janji Sri Mulyani

“Petugas Bea Cukai mengenalkan diri dengan memperlihatkan identitas dan surat tugas. Kemudian minta pengemudi mobil target untuk membuka kaca mobil itu tapi tak dihiraukan oleh yang bersangkutan. Selang beberapa saat, pada jam 23.45 WIB ada 3 mobil yang berisi sekitar 15 orang dan menyerang petugas yang melakukan penindakan,” terangnya.

Video Penyerangan Tim Bea Cukai Menjadi Viral Di Medsos

Video amatir yang memperlihatkan puluhan orang menyerang mobil tim BC kini menyebar dan menjadi viral di media sosial. Dalam kejadian tersebut, salah satu mobil operasional petugas BC mengalami rusak parah karena diserang menggunakan batu. Selain itu, beberapa petugas juga terluka.

“2 anggota petugas BC luka-luka karena mencoba mempertahankan mobil itu dari perampasan pelaku. Di mana 1 orang mengalami luka parah di kepala dan langsung dilarikan ke RS terdekat. Satu orang lagi mengalami luka ringan,” bebernya.

Ia mengatakan mobil yang diduga memuat rokok ilegal dan rombongan orang tak dikenal tersebut melarikan diri. Menurutnya, kini tim BC sedang berkoordinasi dengan Polresta Pekanbaru untuk menindaklanjuti kejadian tersebut.

Mobil operasional yang dirusak juga telah dibawa ke Polresta Pekanbaru, selain itu Bea Cukai Riau juga telah melaporkan insiden tersebut ke Polresta Pekanbaru.

“Hingga saat ini masih dilakukan penyelidikan bersama Polresta Pekanbaru,” tambahnya.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top