News

Change.org ; Stop Ketidakadilan, Jangan Ampuni Orang Kaya dan Korporasi Pengemplang Pajak!

Portal Berita

Rencana pemerintah terkait dengan pengampunan pajak kepada orang-orang super kaya dan korporasi, Forum Pajak Berkeadilan akhirnya membuat petisi untuk penolakan rencana tentang pengampunan pajak ‘Tax Amnesty’.

Petisi pada halaman Change.org tentang penolakan pengampunan pajak yang diprakarsai oleh Forum Pajak Berkeadilan, telah didukung oleh 3.668 orang sampai sekarang (22/4).

Petisi yang disebarluaskan dari tanggal 19 April 2016 dengan judul “Stop Ketidakadilan, Jangan Ampuni Orang Kaya dan Korporasi Pengemplang Pajak!”, sejauh mana kebijakan pengampunan pajak tersebut efektif untuk memenuhi pembiayaan pembangunan di dalam negeri.

Dalam petisi tersebut terdapat kutipan yang menyebutkan bahwa Indonesia berada pada posisi ketujuh dunia dari negara-negara dengan aliran uang haram tertinggi di dunia. dilansir dari Global Financial Integrity.

Seperti yang dikutip change.org, “Pada kurun waktu 2003-2013, Indonesia telah kehilangan potensi penerimaan pajak sekitar 18.844 juta dolar Amerika Serikat, sekitar Rp2.400 triliun, atau rata-rata sekitar Rp200 triliun per tahun,”

Nilai tersebut setara dengan 10 persen total APBN yang merupakan potensi pajak yang mengalir dari Indonesia ke luar negeri dan cukup untuk membiayai belanja kesehatan di seluruh Indonesia selama satu tahun.

Sejarah mencatat kegagalan sejumlah negara karena kebijakan tersebut sering diberikan tanpa dibarengi dengan perbaikan administrasi perpajakan dan tidak disertai dengan penegakan hukum perpajakan. tegas Forum Pajak Berkeadilan.

Pemerintah Indonesia telah empat kali melakukan pengampunan pajak / sejenisnya pada tahun 1965, 1984, 2008, dan 2015.

Kebijakan tersebut dianggap gagal dalam meningkatkan kepatuhan wajib pajak, sedangkan realisasi penerimaan pajak menurun dan rasio pajak tidak begitu naik.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top