News

China Nyatakan Siap Jalin Kerja Sama Dengan Taliban

China Siap Jalin Kerja Sama Dengan Taliban

Pemerintah China menyatakan siap untuk meningkatkan hubungan ‘persahabatan dan kerja sama’ dengan Afghanistan, setelah negara itu dikuasai kelompok Taliban. Seperti dilaporkan kantor berita AFP, Senin (16/8/2021).

Beijing diberitakan telah berupaya untuk mempertahankan hubungan tak resmi dengan Taliban selama pasukan AS ditarik dari negara itu, yang meningkatkan serangan Taliban hingga akhirnya ibu kota Kabul berhasil direbut pada Minggu (15/8/2021). China sendiri berbagi perbatasan dengan negara itu sekitar 76 kilometer (47 mil).

Beijing sejak lama khawatir Afghanistan akan menjadi basis bagi separatis minoritas Uighur di Xinjiang. Namun, utusan Taliban yang bertemu dengan Menteri Luar Negeri China Wang Yi di Tianjin bulan lalu, memastikan bahwa negaranya tak akan digunakan sebagai basis militan.

Lihat Juga: Berhasil Rebut Istana Presiden Afghanistan, Taliban Minta Kekuasaan Penuh

Sebagai gantinya, Negeri Tirai Bambu menawarkan dukungan ekonomi serta investasi untuk rekonstruksi negara itu. Hari ini, Senin (16/8/2021), pemerintah China menyatakan ‘menyambut baik’ kesempatan untuk mempererat hubungan bersama Afghanistan.

“Taliban sudah berkali-kali menyatakan keinginan mereka untuk mengembangkan hubungan baik dengan China. Serta bahwa mereka menunggu partisipasi China dalam rekonstruksi serta pembangunan Afghanistan,” ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying kepada awak media.

Selain itu, Hua juga meminta Taliban untuk memastikan kelancaran transisi kekuasaan dan menepati janji untuk merundingkan pembentukan ‘pemerintahan Islam yang terbuka serta inklusif. China juga meminta kelompok gerilya itu untuk memastikan keamanan rakyat Afghanistan serta warga negara asing.

Hua mengungkapkan bahwa Keduataan China di Kota Kabul tetap beroperasi. Walaupun Beijing telah mengevakuasi warga China dari negara itu sejak beberapa bulan lalu, di tengah kondisi keamanan yang kian memburuk. Sebelumnya, kelompok Taliban telah berupaya untuk meyakinkan masyarakat internasional bahwa rakyat Afghanistan tak boleh takut kepada mereka. Kelompok itu juga mengatakan tak akan membalas dendam kepada warga sebelumnya telah mendukung aliansi Amerika Serikat.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top