News

Crazy Rich Rishi Sunak Jadi PM Inggris Gantikan Liz Truss

Rishi Sunak, PM Inggris yang Baru

Rishi Sunak terpilih sebagai Perdana Menteri (PM) Inggris yang baru pada Senin (24/10/2022). Ia menggantikan Liz Truss yang mengundurkan diri di hari ke-45 menjabat pada minggu lalu.

Mantan Menteri Keuangan periode Boris Johnson itu mendapatkan jabatan PM Inggris setelah satu-satunya rival, Penny Mordaunt, menyatakan mundur dari pencalonan.

Rishi Sunak adalah salah menteri populer dalam kabinet Johnson. Namanya terus menanjak usai menjadi salah satu menteri pertama dalam kabinet yang mengundurkan diri sebagai bentuk protes pada Johnson.

Kala itu, Sunak bahkan dengan tegas mengatakan tidak ada alasan lagi untuknya berada di kabinet Johnson karena pemerintah sudah tak bisa dipercaya akibat deretan skandal yang muncul.

Langkah Sunak itu pun kemudian diikuti oleh sembilan menteri lainnya dan puluhan pejabat sehingga memicu Boris Johnson akhirnya mundur pada awal Juli lalu.

Rishi Sunak Salah Satu Orang Paling Kaya di Inggris

Rishi Sunak
Rishi Sunak dan Istri

Sunak dinilai sebagai ahli kebijakan berorientasikan terhadap detail. Pria keturunan India-Afrika Timur ini adalah pendukung kuat Inggris untuk keluar dari Uni Eropa alias Brexit.

Di India, Rishi Sunak lebih dikenal karena sang istri, Akshata Murthy. Ia adalah putri taipan India, Narayana Murthy, salah satu pendiri grup teknologi informasi Infosys.

Awal tahun 2022, Sunak dan Murty masuk dalam daftar 250 orang paling kaya di Inggris menurut Sunday Times Rich List. Koran tersebut memperkirakan keduanya memiliki total kekayaan US$826 juta atau Rp12,8 triliun.

Sunak juga menjadi salah satu tokoh politik Inggris yang populer di media sosial. Ia dikenal karena aktivitasnya yang ramah di dunia maya, Sunak pun dijuluki “Rishi Dishy”.

Lihat Juga: Penuh Kontroversi, Boris Johnson Tidak Akan Kembali Ke Downing Street No. 10

Lulusan Winchester College, salah satu sekolah paling eksklusif di Inggris itu meraih gelar sarjana dan masternya di Universitas Oxford dan Universitas Stanford.

Memiliki latar belakang sebagai keturunan imigran, para oposisi Rishi Sunak kerap mengkritiknya karena dianggap tidak bisa mengurus Inggris. Bahkan hingga tahun lalu, Sunak masih memegang Green Card Amerika Serikat. Para pengkritiknya pun mempertanyakan kesetian dirinya pada Inggris.

Perdana Menteri Inggris Termuda

Selain menjadi Perdana Menteri Inggris keturunan India pertama, Rishi Sunak juga jadi pemimpin Inggris paling muda sejak 1812. Politikus berusia 42 tahun itu lahir pada 1980 di Southampton dari orangtua keturunan India Punjabi.

Sebelum terjun ke dunia politik, pada 2001-2004 Sunak bekerja sebagai seorang bankir Goldman Sachs. Ia lalu bekerja di lembaga penggalangan dana Children’s Investment Fund Management serta sejumlah perusahaan investor.

Lihat Juga: PM Inggris Liz Truss Mundur, Gagal Tangani Ekonomi Inggris 3 Bulan Terakhir

Baru pada tahun 2014 ia bergabung sebagai anggota legislatif. Rishi Sunak pun menjadi anggota parlemen Inggris yang paling cepat menjadi PM Inggris, yaitu hanya dalam tujuh tahun saja.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top