News

Dari Amerika Serikat Hingga Jepang Ikut Turun Tangan Bantu RI Atasi COVID-19

Bantuan COVID-19 Untuk RI

Dalam mengatasi pandemi saat ini, Indonesia tiak berjuang sendiri, ada beberapa negara yang ikut memberikan bantuan kepada RI dalam beragam bentuk. Pemerintah melalui Kementerian Luar Negeri menyatakan terbuka dalam menerima bantuan dari negara-negara sahabat untuk menanggulangi melonjaknya kasus COVID-19.

Hingga kini, Kementerian Luar Negeri Indonesia menyatakan lebih dari 10 negara siap mengirim bantuan untuk Indonesia, seperti mengutip dari CNNIndonesia.com, Sabtu (10/7/2021). Berikut daftar negara yang mengirimkan bantuan ke Indonesia terkait COVID-19 hingga saat ini:

  1. Australia

Negeri Kanguru memberikan beragam bentuk bantuan untuk penanganan pandemi di Indonesia, mulai dari alat kesehatan, oksigen hingga 2,5 juta dosis vaksin AstraZeneca.

“Hari ini, saya berbincang dengan rekan saya, Menlu Retno Marsudi, dan mengonfirmasi bantuan langsung ke Indonesia,” bunyi pernyataan Menlu Australia, Marise Payne dalam rilis di situs resminya, Rabu (7/7/2021).

Payne juga mengungkapkan bahwa Australia akan memberikan alat kesehatan dan oksigen senilai $12 juta atau sekitar Rp 130 miliar. Sumbangan tersebut termasuk 1.000 ventilator, 700 konsentrator oksigen, 170 tabung oksigen serta berbagai keperluan medis lainnya.

2. Amerika Serikat

Dalam waktu dekat AS akan mengirimkan 4 juta dosis vaksin COVID-19 yang diproduksi oleh Moderna ke Indonesia. Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat, Jake Sullivan, menyampaikan secara langsung kepada Retno Marsudi terkait pengiriman tersebut.

“Sullivan menyatakan kalau AS akan menyumbangkan 4 juta dosis vaksin Moderna ke Indonesia,” bunyi pernyataan pemerintah AS yang dilansir dari laman resmi Gedung Putih, Jumat (2/7/2021).

Gedung Putih menyatakan, bahwa donasi tersebut akan disalurkan melalui COVAX di bawah WHO (Organisasi Kesehatan Dunia).

Lihat Juga: PKS Setuju Gedung DPR Jadi RS Darurat Covid-19: Peduli Rakyat!

3. Singapura

Pemerintahan Perdana Menteri Lee Hsien Loong mengirim bantuan kesehatan mulai dari oksigen, ventilator, konsentrat oksigen hingga APD untuk RI. Menlu Vivian Balakhrisnan mengatakan, bantuan tersebut akan dikirimkan dengan pesawat angkut militer Lockheed C-130 milik AU Singapura dari Pangkalan Udara Paya Lebar ke Jakarta.

Sementara itu, tabung konsentrat oksigen yang tak bisa diangkut dengan pesawat bakal dikirimkan melalui jalur laut dengan kapal pendarat tank milik AL Singapura.

“Pagi ini melakukan serah terima bantuan kesehatan COVID-19 ke Duta Besar Indonesia, Suryo Pratomo di Pangkalan Udara Paya Lebar, didampingi perwakilan Kementerian pertahanan Singapura,” tulis Vivian di akun Facebook, Jumat (9/7/2021).

Vivian berharap bantuan tersebut dapat digunakan oleh nakes yang berada di garda terdepan dalam penanganan krisis COVID-19 di RI. Sementara itu, Kemenlu RI memberikan rincian bantuan dari Singapura berupa 200 ventilator. Selain itu dikirimkan pula 256 tabung oksigen kosong kapasitas 50 liter, APD, masker dan alat kesehatan lainnya.

Selain itu, Pemerintah Indonesia juga membeli 10 ribu unit konsentrat oksigen dari Singapura. Hingga saat ini sebanyak 30 unit telah sampai di RI.

4. Jepang

Pemerintah Jepang memberikan bantuan 998.400 dosis vaksin AstraZeneca untuk Indonesia pada 1 Juli lalu. Wakil Menlu, Mahendra Siregar mengatakan, Indonesia menyambut kedatangan bantuan dari Jepang berupa 998.400 dosis vaksin AstraZeneca. Kedatangan tersebut adalah gelombang pertama dari dua kali pengiriman bantuan vaksin dari Jepang.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top