News

Dedikasi Hermanto Dardak, Ayah Gubernur Jatim yang Meninggal Karena Kecelakaan

Karir Hermanto Dardak

Indonesia kembali berduka, Wakil Menteri Pekerjaan Umum RI periode 2010-2014 Hermanto Dardak meninggal dunia pada Sabtu (20/8/2022). Kabar berpulangnya Hermanto disampaikan oleh sang putra sekaligus Gubernur Jawa Timur (Jatim) Emil Elestianto Dardak.

Emil mengungkapkan kebanggaannya terhadap sang ayah. Ia juga menyertakan lagu favorit Hermanto ‘My Way’milik Sinatra.

Farewell my lifelong inspiration. Im so proud to have you as my father. This is your favorite song,” tulis Emil di unggahan Instagram story pribadinya.

Hermanto Dardak meninggal dunia di Pekalongan dalam perjalanan setelah mengisi acara seminar nasional terkait pemindahan ibu kota negara di Semarang.

Jejak Hermanto Dardak dalam Pembangunan di Indonesia

Semasa hidupnya, Hermanto berdedikasi dalam bidang pembangunan infrastruktur dengan ikut bergabung sebagai insinyur sipil di Tanah Air.

Setelah lulus, ia mengawali karirnya sebagai PNS di Kementerian Pekerjaan Umum. Karir Hermanto Dardak terus menanjak hingga pada usia 38 tahun dirinya terpilih sebagai Kepala Biro KLN. Berikutnya menjadi Dirjen Penataan Ruang dan terlibat dalam penerbitan UU Penataan Ruang 2007.

Hermanto lalu ditunjuk menjadi Dirjen Bina Marga, di antaranya ia berperan menyelesaikan pembangunan jembatan Suramadu. Selain itu, ia juga ikut menangani banjir Tol Bandara Soekarno-Hatta dengan dibangunnya jalur tol elevated.

Puncak karir Hermanto Dardak adalah saat ia dipercaya menjadi Wakil Menteri Pekerjaan Umum periode 2009-2014. Di mana dalam kapasitasnya itu, ia berperas dalam menginisiasi berbagai rintisan infrastruktur strategis.

Setelah menjadi wakil menteri, ia mendapatkan tugas khusus untuk merintis pembentukan Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) di bawah Kementerian PUPR.

Hermanto juga mendapatkan kepercayaan sebagai Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (2015-2018). Namanya juga ada di balik pembentukan UU Keinsinyuran dan pembangunan menara Persatuan Insinyur Indonesia (PII).

Atas pengabdiannya di pemerintahan maupun profesi, Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono, pada 2014 lalu menganugerahinya Bintang Mahaputera Utama.

Beberapa penghargaan lain yang ia peroleh di antaranya Distinguish Alumni Award Australia, Institution of Engineer Asia, Insinyur Profesional Utama dari PII dan Legacy Award dari Ikatan Ahli Perencana (IAP).

Hingga akhir napasnya, Hermanto Dardak dipercaya menjadi ketua tim pengarah pembangunan infrastruktur Ibu Kota Negara Kementerian PUPR. Selain itu, ia juga ikut berperan dalam penentuan titik nol Ibu Kota Negara.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top