News

Deklarasikan Partai Pelita, Din Syamsuddin Targetkan Lolos ke Pemilu 2024

Partai Pelita

Setelah menerima SK dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Senin (28/5/2022), Din Syamsuddin bersama sejumlah tokoh mendeklarasikan Partai Pelita di Gedung Joang, Jakarta.

Diketahui, Din Syamsuddin menjabat sebagai Majelis Permusyawaratan Partai (MPP). Sementara kursi jabatan ketua umum ditempati oleh Beni Pramula.

Sedangkan sekretaris jenderal dipegang oleh Tantan Taufiq Lubis. Ia adalah ketua Forum Pemuda Kerjasama Islam alias Islamic Cooperation Youth Forum (ICYF) dan pendiri Pemuda OKI Indonesia. Kini Tantan merupakan Vice President Pemuda Islam dunia.

Din Syamsuddin Tegaskan Tak Berniat Nyapres

Sambil berseloroh Din Syamsuddin menyampaikan kalau dirinya lebih cocok untuk jadi penasihat presiden. Ia juga menekankan bahwa Partai Pelita dibentuk bukan untuk dijadikan alat mencari kekuasaan.

Mantan Ketua MUI tersebut menuturkan, tujuan didirikannya Partai Pelita bukan hanya untuk berkuasa. Dirinya ingin mendorong generasi muda untuk berpolitik lewat partai ini.

Din menyebut, saat ini partainya lebih fokus untuk lolos tahap verifikasi faktual di KPU (Komisi Pemilihan Umum). Ia menekankan partainya belum memikirkan calon presiden (capres) yang bakal diusung pada Pemilu 2024.

“Fokus kami ini adalah verifikasi. Setelah dinyatakan lolos peserta pemilu, boleh nanti kami berfikir yang lain,” kata Din.

Dalam kesempatan tersebut, dia juga menegaskan bahwa partai tersebut tak berhaluan agama tertentu. Ia memastikan partainya didirikan untuk seluruh kalangan.

“Partai Pelita berkeinginan dirancang menjadi partai majemuk, partai nasionalis. Tadi salah satu pengabdiannya partai majemuk menjadi miniatur Bangsa Indonesia, lintas agama, lintas suku,” tutupnya.

Klaim Banyak Purnawirawan Bakal Gabung ke Partai Pelita

Din Syamsuddin juga mengklaim sejumlah purnawirawan jenderal akan bergabung dengan Partai Pelita.

“Ada beberapa jenderal purnawirawan yang bersedia untuk bergabung,” ucap Din kepada awak media di Jakarta Barat, Senin (28/2/2022).

Walau begitu, Din tidak mengungkapkan secara rinci terkait purnawirawan jenderal yang ia sebut akan bergabung dengan partai baru itu.

Lihat Juga: Sebut Lebih Hebat dari Menlu, JK: Din Syamsuddin Tak Mungkin Radikal

Selain itu, lanjut Din, beberapa tokoh organisasi kemasyarakatan (ormas) dan kiai dari pondok pesantren di sejumlah daerah disebut juga akan bergabung dengan partainya.

Ia mengatakan kehadiran Partai Pelita mendapatkan respons positif dari masyarakat yang ditandai dengan banyaknya tokoh yang ingin bergabung.

“Alhamdulillah kita mendapat respon yang cukup positif, sangat positif dari seluruh tanah air,” tuturnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top