News

Demo 21 April 2022, Ini 7 Tuntutan yang Diusung

Demo 21 April 2022, Ini 7 Tuntutan yang Diusung

Aliansi Mahasiswa Indonesia (AMI) Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) bakal membawa tujuh tuntutan kepada Presiden Joko Widodo dalam demo 21 April 2022.

Aksi demonstrasi ini akan dilangsungkan di depan Istana Merdeka, Jakarta. Koordinator Departemen Sosial dan Politik BEM UI, Melki Sedek Huang, menyampaikan ketujuh tuntutan tersebut di antaranya yaitu mendesak Presiden Joko Widodo untuk menolak usulan perpanjangan masa jabatannya.

Selain itu, mereka juga menuntut pemerintah untuk menurunkan harga bahan kebutuhan pokok hingga pengusutan penyerangan pada warga sipil.

Sebelumnya, AMI juga menuntut Presiden memberikan pernyataan resmi menolak dengan tegas penundaan pemilu, menolak perpanjangan masa jabatan presiden dan mendukung pemilu 2024.

Presiden  Jokowi sebelumnya telah menyatakan meminta para menterinya untuk tidak lagi menyuarakan soal penundaan pemilu. Tapi Jokowi dinilai tidak pernah secara tegas menyatakan penolakan terhadap perpanjangan masa jabatan presiden.

Lihat Juga: Serentak, Demo 11 April Digelar di Berbagai Wilayah

Tututan massa demo 21 April 2022 ini pun tidak jauh berbeda dari apa yang disuarakan oleh mahasiswa dalam aksi unjuk rasa 11 April lalu.

Selain pemilu, mahasiswa juga meminta agar pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara ditunda.

Ketua BEM UI Bayu Satria Utomo menyampaikan demo ini akan diikuti oleh sekitar 100 mahasiswa. Ia menyebut banyak kampus lain yang bergabung dengan AMI akan ikut turun ke jalan.

Selain depan Istana Merdeka, massa juga disebut akan berunjuk rasa di depan gedung DPR RI. Polisi pun melakukan rekayasa lalu lintas dengan menutup beberapa jalan di sekitar lokasi unjuk rasa sejak pagi tadi.

Massa Aliansi Buruh Ikut Demo 21 April

Massa dari aliansi buruh juga telah tiba di depan gedung DPR RI, Jakarta Pusat. Mereka bakal menggelar aksi demo 21 April 2022.

Menurut pantauan, massa aksi mulai berdatangan ke lokasi sejak pukul 13.38 WIB, Kamis (21/4/2022). Sejumlah peserta demo juga membawa atribut, seperti spanduk. Salah satunya bertuliskan, ‘Turunkan Harga Minyak!’.

Lihat Juga: Mudah Emosi Saat Demo? Mungkin Dehidrasi, Kenali Ciri-cirinya di Sini!

Sejauh ini aparat kepolisian telah menyiagakan 9.915 personel keamanan dan menyiapkan sejumlah pengamanan untuk berjaga dalam aksi demo di Jakarta hari ini.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top