News

Di Tengah Ramadhan Warga Palestina Diserbu Pasukan Israel: 150 Warga Terluka

Di Tengah Ramadhan Warga Palestina Diserbu Pasukan Israel: 150 Warga Terluka

Di tengah bulan suci Ramadhan ini, pasukan Israel dilaporkan tiba-tiba menyerbu kompleks Masjid Al-Aqsa yang berada di Yerusalem Timur pada Jumat (15/4/2022) dini hari, saat ribuan warga sedang berkumpul di masjid untuk sholat subuh.

Setidaknya 158 warga Palestina dikabarkan luka-luka akibat kekerasan yang dilakukan oleh pasukan Israel tersebut.

Dalam video yang beredar di dunia maya, terlihat warga Palestina melempari polisi dengan batu saat mereka dilempari granat dan tembakan gas air mata. Video lain memperlihatkan jamaah membarikade diri mereka di dalam masjid saat kepulan asap dari gas air mata tampak memenuhi area itu.

Lihat Juga: Palestina Menang Ramaikan Twitter Usai Gencatan Senjata Israel-Palestina

Itu merupakan kekerasan terparah di tempat suci dalam kurun waktu hampir setahun terakhir. Warga melihat polisi Israel dikerahkan secara besar-besaran ke Al-Aqsa sebagai provokasi.

Paramedis Palestina Ikut Diserang

Bulan Sabit Merah Palestina yang merupakan lembaga layanan medis setempat mengatakan, sebagian besar korban terluka sudah dievakuasi ke rumah sakit. Lembaga itu menyebut salah satu penjaga di lokasi tersebut terkena tembakan dengan peluru berlapis karet pada bagian mata.

Mereka juga mengklaim, pasukan Israel menghalangi ambulans dan paramedis ke masjid saat puluhan orang yang terluka masih terperangkap di lokasi itu.

Lihat Juga: Naftali Bennett, Perdana Menteri Baru Israel Pembenci Palestina

Sementara polisi Israel mengatakan setidaknya 300 orang ditangkap selama eskalasi terbaru. Tapi, sumber-sumber Palestina menyebut jumlahnya sekitar 400 warga. Selain itu, tiga petugas disebut mengalami luka akibat “lemparan batu besar-besaran”.

Polisi Israel menyebut mereka memasuki kompleks suci bagi umat Islam dan dihormati oleh umat Yahudi itu untuk membubarkan kerumunan “kekerasan” yang tersisa pada akhir sholat subuh.

Namun juru kamera Palestina, Rami al-Khatib, yang menyaksikan langsung serangan tersebut mengatakan: "Mereka (pasukan Israel) secara brutal mengosongkan kompleks itu. Mereka menyerang staf masjid, orang biasa, orang tua, orang muda."

Ia juga mengatakan bahwa pasukan Israel itu bukan hanya menyerang warga Palestina namun juga paramedis. Selain memukuli semua orang, pasukan tersebut juga menembakkan peluru karet di dalam area Masjid Al-Aqsa.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top