News

Digelar 16 Agustus, Sidang Tahunan MPR Bakal Bahas 2 Hal Ini

Sidang Tahunan MPR

Sidang Tahunan MPR, DPR dan DPD akan digelar hari ini, Selasa (16/8/2022). Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyampaikan dalam rapat tahunan bersama DPR dan DPD itu bakal membahas dua hal, yakni urgensi PPHN serta upaya Indonesia dalam menghadapi ancaman global.

“Hal-hal atau isu yang besok akan kami sampaikan antara lain tentang laporan urgensinya kita atau bangsa ini memiliki Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN). Kemudian yang kedua kami MPR menyoroti pentingnya waspada dampak dari krisis global,” kata Bamsoet saat konferensi pers persiapan Sidang Tahunan MPR, Senin (15/8/2022).

Terkait urgensi PPHN, ia mengatakan rapat gabungan sudah sepakat akan membentuk Panitia Ad Hoc yang diputuskan pada awal September di Sidang Paripurna MPR mendatang. Nantinya, Panitia Ad Doc bakal bertugas dalam penyusunan substansi dari PPHN dan mencarikan dasar hukumnya.

Dia juga menjelaskan pentingnya PPHN. Menurut Bamsoet, PPHN diperlukan untuk menjaga keberlangsungan program-program pemerintah ketika pergantian pemimpin yang baru, mulai dari bupati hingga presiden. Tujuannya, agar tidak ada stagnasi alias kemunduran.

Lihat Juga: Jokowi Hadiri Sidang Tahunan Dengan Baju Adat Baduy Luar, Apa Bedanya Dengan Baduy Dalam?

“Kebutuhan inilah kalo istilahnya Bu Mega, jangan lagi negara atau bangsa kita seperti menari poco-poco, maju dua langkah mundur selangkah, maju tiga langkah mundur dua langkah, gak maju-maju” ujar Bamsoet.

“Jangan sampai ada satu sen pun anggaran yang dikutip dari rakyat melalui pajak kemudian menjadi sia-sia, dengan program yang mangkrak karena pergantian pemimpin baik di daerah atau secara nasional,” lanjutnya.

Sidang Tahunan MPR Akan Bahas Ancaman Global Pasca Pandemi

Selain soal PPHN, Bamsoet juga menyampaikan Sidang Tahunan MPR kali ini juga akan membahas terkait kewaspadaan Indonesia dalam menangani ancaman global pasca pandemi COVID-19. Terlebih, dengan adanya konflik Rusia dan Ukraina, perang dangan Amerika dan China, serta potensi ketegangan baru antara Taiwan dan China yang turut mempengaruhi pergeseran pembangunan ekonomi RI.

“Yang perlu kita antisipasi adalah bagaimana kekuatan APBN kita untuk menopang semua akibat daripada ekonomi global ini. Ini yang akan besok kita sampaikan, walaupun dari sisi ketahanan ekonomi Indonesia termasuk negara yang kecil beresiko inflasi atau dampak dari ekonomi global,” ucap dia.

Meski begitu, Bamsoet menuturkan hal ini perlu diwaspadai, apalagi IMF dan Bank Dunia telah mengingatkan terdapat 66 negara yang berpotensi bangkrut. Langkah yang bisa dilakukan RI yaitu dapat membaca sinyal ini dan mencari cara untuk mengatasinya.

Sebagai informasi, Sidang Tahunan MPR RI akan dimulai pukul 09.30 WIB. Rangkaian acaranya yakni pembukaan, pengantar sidang oleh Ketua MPR dan Ketua DPR, selanjutnya Presiden Joko Widodo akan menyampaikan pidato tahunan terkait kemerdekaan. Acara kemudian dilanjutkan dengan rapat paripurna untuk membahas keuangan DPR dan Presiden RI.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top